oleh

Sulkarnain Resmikan Gedung Baru Puskesmas Mekar

-FEATURED, Kendari, KESEHATAN-559 dibaca

KENDARI – Plt Walikota Kendari Sulkarnain K, meresmikan gedung baru Puskesmas Mekar serta atas nama pemerintah Kota Kendari memberikan apresiasi positif terhadap pembangunan dan peresmian Puskesmas Mekar Kota Kendari yang lebih asri dan tertata rapi sesuai dengan Permenkes nomor 75 tahun 2014.

Sarana kesehatan berupa gedung Puskesmas yang representatif dan memadai, sangat diperlukan bagi peningkatan mutu pelayanan yang berorientasi pada aspek keamanan pasien, evektivitas tindakan dan dan kesesuaian dengan kebutuhan pasien, ujar Sulkarnain dalam sambutanya, Senin (30/07/2018).

Sulkarnain menjelaskan, agar Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal perlu pengelolaan yang baik. Baik kinerja pelayanan, proses pelayanan maupun sumber daya yang digunakan.

“Pihaknya berharap dengan hadirnya Puskesmas Mekar diharapkan dapat semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta mampu menjadi ujung tombak dalam mewujudkan tercapainya keberhasilan pelaksanaan pembangunan bidang kesehatan,” ucapnya.

Lanjut Sulkarnain, semoga dengan peresmian Puskesmas baru dapat membantu pemerintah kota Kendari dalam upaya menghasilkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas guna mendukung tercapainya visi dan misi pembangunan kesehatan kota Kendari sehingga kota Kendari bisa menjadi masa depan Sultra.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan  Kota Kendari Rahminingrum mengatakan, dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat melalui dinas kesehatan dengan komitmen untuk terus meningkatkan sarana dan prasana kesehatan guna tercapainya visi misi pembangunan kesehatan Kota Kendari.

“Untuk meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan khususnya di Puskesmas Mekar, pada tahun 2017 telah direnovasi dengan anggaran sebesar Rp 2 milyar seratus enam puluh juta, dimana Puskesmas yang dulunya hanya satu lantai kini menjadi dua lantai dan telah memenuhi persyaratan bangunan yang sesuai dengan peraturan Mentri Kesehatan nomor 75 tahun 2014,” bebernya.

Ia menambahkan, tahun 2018 Puskesmas Mekar beserta 10 puskesmas lainnya di Kota Kendari juga telah dilengkapi dengan masing satu unit Mobil Ambulanc.

Disisi lain Kepala Puskesmas (Kapus) Mekar, Hadijah menyampaikan, di Puskesmas Mekar memiliki pelayanan inovatif dimana ada Puskesmas Pembantu (Pustu) yang dibina diantaranya kelompok pemulung, kelompok pekerja yang beresiko seperti tukang las, tukang batu, itu diberikan pelayanan secara gratis walaupun tidak memiliki kartu apa-apa cukup memperlihatkan tanda pengenal dari Puskesmas Mekar.

“Ini berlaku khusus wilayah kerja puskesmas Mekar yang meliputi dua kelurahan yakni kelurahan kadia dan kelurahan punambea. Puskesmas Mekar memiliki vasilitas oli umum, poli lansia, poli gigi, poli anak, serta ada ruangan pojok baca dan ruang bermain anak,” tutup Hadijah.


Reporter : Waty

Terkini