oleh

Sultra Capai Target Literasi dan Inklusi Keuangan

Reporter: Taswin Tahang
Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil menembus target nasional capaian Indeks Literasi Keuangan (ILK), sebesar 36,75 persen. Angka itu berada di atas target nasional sebesar 35 persen) dan Indeks Inklusi Keuangan (IIK) mencapai 75,07 persen juga diatas nasional 75 persen).

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLKI) ke-3 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019. Kepala OJK Sultra, Mohammad Fredly Nasution menjelaskan, peningkatan tersebut merupakan hasil kerja keras bersama antara Pemerintah, OJK, Kementerian lembaga terkait, Industri Jasa Keuangan, media dan berbagai pihak lain.

Mohammad Fredly Nasution melalui rilis yang diterima Mediakendari.com, Rabu (18/12/2019) menyebut, angka itu meningkat dibanding hasil survei OJK 2016, indeks literasi keuangan 29,7 persen dan indeks inklusi keuangan 67,8 persen.

Baca juga :

“Dengan demikian dalam tiga tahun terakhir, terdapat peningkatan pemahaman keuangan (literasi) masyarakat sebesar,” katanya.

Selain itu, juga ada peningkatan akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan. Survei itu sendiri melibatkan 12.773 responden.

Terkini