Iklan Ramadhan Kominfo

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga saat memantau langsung pelaksanaan UNBK. (Foto : Erlin/Mediakendari.com/A).

1.179 Pelajar SMP di Konsel Ikuti UNBK 2019

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

ANDOOLO – Sebanyak 1.179 pelajar jenjang Sekolah Menenengah Pertama (SMP) dari 81 sekolah, yang terdiri dari 79 negeri dan 2 Swasta di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (22/4/2019).

Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, untuk jumlah peserta UNBK tersebut, terdiri 571 siswa dan 608 siswi.

Kadisdikbud Konsel, Saifuddin menjelaskan juga menuturkan, untuk jumlah peserta Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) tingkat SMP yang menjawab soal dengan Lembar Jawaban Komputer (LJK) sebanyak 4.067 peserta dengan rincian, 2.012 siswa dan 2.055 siswi.

“Ujian dilaksanakan selama 4 hari mulai 22 hingga 25 April 2019, dan patut kita bersyukur, dari pantauan kita hari ini, tidak ada kendala yang terjadi dan kita semua berharap seluruhnya dapat melaksanakan ujian 100 persen,” jelas Saifuddin.

Pelakanaan UNBK ini dipantau langsung Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, ST, MM, yang memantau pelaksanaan ujian tersebut di SMPN 6 Konsel di Kecamatan Palangga dan SMPN 3 Konsel di Kecamatan Tinanggea.

Pada kesempatan tersebut, Surunuddin menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada pada pihak sekolah dan Disdikbud yang telah menyiapkan sarana dengan baik, sehingga ujian dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kita bersyukur secara bertahap di beberapa sekolah sudah mampu melaksanakan ujian sistem komputer,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, kedepannya Pemda bakal menambah dan dorong penggunaan komputer ditiap sekolah, dengan terlebih dahulu akan memberikan pelatihan dan peningkatan SDMnya. Selain itu, Pemda juga bakal menyiapkan ruangan khusus komputer yang memadai dan ber-AC.

“Masih teringat tahun 2016, hanya SMPN 1 Konsel di Kelurahan Punggaluku yang menggunakan komputer, tetapi alhamdulillah dimasa kepemimpinan saya, peningkatan penggunaan komputer di sejumlah sekolah cukup signifikan,” ungkap Surunuddin.

Menurutnya, hal tersebut menjadi bagian dari program yang dicanangkan dirinya untuk memajukan pendidikan di Konsel, dengan meningkatkan sarana penunjang sesuai standar pendidikan nasional, sehingga tidak kalah sekolah yang ada di perkotaan.

Mantan Ketua DPRD Konsel ini berpesan kepada sisiwa peserta ujian, untuk lebih fokus dan teliti dalam menjawab soal, sehingga tingkat kelulusan meningkat sesuai harapan bersama dan demi masa depan pelajar itu sendiri.

“Apalagi mereka merupakan generasi penerus dalam membangun Bangsa, Negara dan Daerah yang lebih baik kedepan,” pungkasnya.

Dalam pemantauan UNBK ini, Bupati didampingi Kepala Dikbud Konsel, Saifuddin, S.Pd, M.Si dan Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Konsel, Muh Taufik Amin Lar, AP., M.Si. dan disambut Kepsek SMPN 6, La Dimu, S.IP dan Kepsek SMPN 3 Tinanggea, Drs. Muh Arsyad.

Iklan kONAWE

error: Content is protected !!