HEADLINE NEWSKONAWE UTARAPERISTIWASULTRA

2019 Dideteksi 2000 Titik Gempa, Satu Titik Gempa Terdeteksi di Konut

462
×

2019 Dideteksi 2000 Titik Gempa, Satu Titik Gempa Terdeteksi di Konut

Sebarkan artikel ini
Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Utara, Djasmiddin.
Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Utara, Djasmiddin.

Reporter: Mumun

Editor: Indi

WANGGUDU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi jika tahun 2019 mendatang terdapat lebih dari 2000 titik gempa di Indonesia. Salah satu titik gempa tersebut berada di wilayah Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Konut, Djasmiddin mengatakan titik gempa di Konawe Utara terdapat di Kecamatan Sawa. Hal tersebut terlihat beberapa waktu yang lalu, wilayah tersebut pernah dihantam gempa meski hanya berkekuatan kecil saja.

Namun, lanjut Djasmiddin BPBD Konut tetap mengaharapkan masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun 2018 dengan mendatangi Wisata Pantai Taipa dan Pudonggala untuk terus meningkatkan kewaspadaannya. Karena, BPBD belum mengetahui secara pasti di desa mana letaknya titik gempa tersebut.

“Konut ada titik gempa, letaknya itu di Kecamatan Sawa. Ini yang perlu kita waspadai,” katanya, Jumat (28/12/2018).

Selain itu, pihaknya juga menghimbau pengunjung wisatawan untuk mewaspadai terjadinya cuaca ekstrim nantinya yang bisa berdampak pada tingginya gelombang air laut dan datangnya angin puting beliung.

“Biasanya itu pengalaman di pinggir pantai cuaca ekstrim karena ombak besar dan angin puting beliung,” ujarnya.

Saat ini, BPBD Konut terus melakukan koordinasi dengan BMKG Sultra jelang tahun baru. Selain itu, Djasmiddin menambahkan jika instansinya sedang konsultasi untuk menyiapkan seluruh fasilitas evakuasi yang dibutuhkan nanti jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Keinginan Pemda menggelar Zikir Akbar pada malam pergantian tahun di Pantai Taipa, maka kami perlu menyiapkan memang jalur evakuasi jika terjadi bencana,” tandasnya. (A)

You cannot copy content of this page