Iklan PDI-P

55 Relawan Demokrasi Pemilu Tahun 2019,di Pelataran Kantor KPU Koltim,Rabu (30/01/2019)

55 Relawan Demokrasi Pemilu di Koltim Resmi Ditugaskan

Reporter : Jasfin

Iklan PT Luwu

Editor : Def

TIRAWUTA – Sebanyak 55 relawan demokrasi yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dikukuhkan dan siap menjalankan tugas. Pengukuhan 55 relawan demokrasi ini dihadiri langsung oleh beberapa Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, pada Rabu (30/1/2019).

Koordinator Divisi Teknis KPU Sultra, Iwan Rompo Bane dalam sambutannya, mengingatkan dalam menjalankan tugas ada tiga pesan utama yang mesti dipegang teguh oleh seluruh Relawan Demokrasi, yang pertama agar melaksanakan program sesuai basis masing-masing dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

“Kedua, agar mematuhi adat istiadat di wilayah tugas masing-masing, dan ketika menjaga kode etik sebagai relawan Demokrasi, karena kami tidak inginkan mereka dalam melakasnakan tugas sebagai relasi yang bersangkutan mensosialisasikan mempromosikan salah satu peserta pemilu,” tegasnya di Kantor KPU Koltim.

Baca Juga : Kodim 1417 Kendari Kerahkan 579 Babinsa, Backup Pengamanan Pemilu

Dirinya menerangkan, ada 10 basis Relasi yang utama yakni, basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, komunitas, keagamaan dan warga internet (Warganet).

“10 basis ini akan menyebar di 12 kecamatan dengan 9 basis riil dan 1 berbasis Komunitas Dunia Maya (Warganet),” Lanjutnya

Secara administrasi, kata dia, relawan demokrasi yang telah dibagi kelompok masing-masing, harus mengajukan rencana kegiatan ke KPU Koltim supaya bisa segera dipasilitasi dan disiapkan dengan baik. Dimana relawan demokrasi ini harus bekerja dengan baik, yang paling utama menjaga kode etik dan bekerja dengan Profesional.

“Mereka wajib mengajukan rencana kegiatan yang terstruktur dengan baik ke KPU Koltim, sebelum turun kemasyarakat karena selain gerakan massa untuk meningkatkan partisipasi pemilih, juga akan menyampaikan informasi yang aktual kepada masyarakat,” harapnya

Baca Juga : Gladi Tuntas, Relawan Demokrasi Butur Diminta Ikut Sukseskan Pemilu

Sementara itu, Koordinator Divisi Data KPU Sultra, Muh.Nato Alhaq menambahkan, tujuan lain dikukuhkan serta dilepasnya Relawan demokarasi ini, agar bagaiamana bisa mencapai target partisipasi Pemilu tahun 2019.

“Pencapaian kita sudah ada di tahun 2018 lalu, dimana partisipasi Pemilih saat itu mencapai standar nasional sebesar 77,5 Persen, untuk itu kita berupaya agar di Koltim bisa melampauhi target nasional sampai 80-100 Persen pada Pemilu 2019,” terangnya.

Sebagai Kordinator wilayah KPU Koltim, dirinya menjelaskan bahwa setiap relawan demokrasi selain mensosialisasikan tentang tahapan kegiatan Pemilu, juga harus memberikan infomasi yang cukup bagi masyarakat terkait hak dan tanggung jawab masyarakat luas terhadap Pemilu.

“Tiga peran ini harus dimaksimalkan dengan baik melalui kerja-kerja sosialisasi, memastikan kapasitas masyarakat pemilih cukup dan memadai. Terkait dengan basis yang ada saat ini, akan menjadi metode penting guna meningkatkan partisipasi pemilih di Koltim melalui sosialisasi terhadap pemuka Agama dan Tokoh masyarakat lainnya,” tutupnya. (B)


Iklan Lapas konawe

Iklan Damri
error: Content is protected !!