Bayi Akmal Nadif Ramadhan, saat di Ambulance bersama perawat RSUD Bombana siap menuju Makassar, Rabu (22/5/2019). Foto : Hasrun/mediakendari.com/A

Bayi Lahir dengan Usus di Luar Perut di Bombana, Dirujuk ke Makkasar

Reporter : Hasrun

Editor : Taya

RUMBIA – Setelah usaha dari berbagai pihak, Akmal Nadif Ramadhan bayi asal Kabaena Barat, Kabuptaen Bombana yang lahir dengan usus di dinding luar perut, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Unhas, Kota Makassar, Rabu (22/5/2019).

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bombana, dr. Riswanto menuturkan, pihaknya sudah melakukan konfirmasi kepada Rumah Sakit Unhas Makassar terkait keberangkatan pasien rujukan dari RSUD Bombana dan pihak RS Unhas siap untuk menerima.

“Karena sudah kurang lebih dua minggu dirawat disini, memang sudah harus secepatnya ke Makassar untuk Bedah” jelas Riswanto kepada Mediakendari.com, Rabu(22/5/2019).

Dikatakan Riswanto,karena salah satu pertimbangan umur yang terlalu muda, anak tersebut harus dirujuk menggunakan Ambulance dengan jalur darat melalui Kolaka kemudian menuju Bajoe dan Kota Makassar.

“Masih terlalu muda kalau harus naik pesawat, makanya kita gunakan jalur darat,” terangnya.

Untuk mendukung kesehatan Akmal Nadif Ramadhan saat di perjalanan menuju Kota Makassar, RSUD menugaskan dua orang perawat untuk ikut mendampingi.Perawat tersebut diarahkan agar selalu mengontrol kondisi fisik Akmal dalam perjalanan.

“Kita juga tugaskan perawat, setelah sampai di tempat tujuan, jangan langsung meninggalkan orang tua Akmal, harus dibantu dulu untuk mengurus segala keperluan administrasi. Nanti sudah selesai semua baru bisa di tinggalkan,”pungkasnya. (a)

error: Content is protected !!