Kepala BKPSDM Baubau, Asmun

BKPSDM Baubau Mulai Umumkan Hasil Seleksi CPNS 2018

Reporter : Ardilan

Editor : Def

BAUBAU – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya mengumumkan hasil seleksi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 didaerah itu.

Kepala BKPSDM Baubau Asmaun mengatakan, jika tidak ada kendala maka pihaknya akan mulai mengumumankan hasil seleksi CPNS pada Rabu (2/1/2019) hari ini.

“Kita sudah siap untuk mengumumkan hasilnya hari ini, kuota untuk Baubau ada 152 orang, yang kosong ada 19 orang berarti yang lolos ada 133 orang CPNS,” ucap Asmaun.

Setelah pengumuman, kata Asmaun, pelamar CPNS yang lolos akan melakukan pemberkasan. Hanya saja, kapan tahapan pemberkasan dilakukan oleh para pelamar, pihak BKPSDM mengaku masih menunggu informasi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Untuk kapan pemberkasannya dan segala macam persyaratannya itu kami dapat informasi masih menunggu dari BKN,” tukasnya.

Untuk tingkatan Kota Baubau, Asmaun menerangkan hasil pengumuman CPNS sudah rampung. Menurut dia, mekanisme pengumuman sudah sesuai jalur yakni BKN mengirimkan hasil seleksi ke daerah masing-masing kemudian pemerintah daerah (Pemda) yang mengeluarkan pengumuman yang tentunya diketahui ketua panitia atau Sekretaris Daerah (Sekda) masing-masing.

“Itu sudah ditandatangani oleh pak Sekda Baubau, tinggal ditayangkan saja. Kan sudah masuk dalam sistem tinggal dicek saja,” ujarnya.

Setelah pemberkasan, lanjut Asmaun, para pelamar CPNS yang lolos belum sepenuhnya disebut PNS. Pelamar yang lolos juga masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari BKN yang kemudian dibuat oleh Pemda setempat untuk mulai bekerja sebagai abdi negara.

“Setelah proses pemberkasan dan sebagainya lalu kita urus pemberian Nomor Induk Pegawai (NIP)-nya, setelah itu keluar semuanya barulah disebut CPNS. Itu pun SK-nya masih 80 persen nanti setelah setahun berselang mereka mengikuti kegiatan pra jabatan. Setelah lolos pra jabatan baru keluar SK 100 persennya sebagai PNS,” terangnya.

Terkait baru diumumkannya hasil seleksi CPNS Baubau, Asmaun menambahkan, pihaknya baru saja menerima informasi dari BKN sehingga hasilnya baru diumumkan.(B)