Waridin,kepala bidang damkar bombana.

Antisipasi Kebakaran, Damkar Bombana Bangun Hidran di Delapan Titik

Reporter : Hasrun

Editor : Kang Upik

BOMBANA – Untuk mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bombana, sedang membangun hidran, sebagai pengganti tower penampung air.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar, Waridin mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, pihaknya membangun hidran di beberapa titik di dalam kawasan ibukota Bombana.

“Untuk sementara saya bangun di 8 titik hidran, 7 terletak di wilayah ibu kota dan 1 di wilayah Kecamatan Rarowatu Utara,” jelasnya, Selasa,(11/12/2018).

Titik hidran tersebut yakni, pertama di area Kantor Satpol PP, kedua di Desa Talabente, ketiga Perempatan Munaja, keempat di Sangkona, keliama Kelurahan Doule, keenam di Kelurahan Kasipute dan ketujuh Area Polres Bomaba, serta kedelapan di Desa Tembe.

Dikatakan Waridin, hidran akan berfungsi sebagai pengganti tower untuk mengantisipasi kebakaran yang terjadi di sekitar wilayah area pemasangan hidran.

“Kami telah uji coba, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi mobil damkar bermuatan 6 ton, hasilnya hanya dibutuhkan waktu 7 hingga 10 menit saja” terangya.

Dengan adanya hidran, kata dia, jika terjadi kebakaran di area titik hidran, proses pemadaman akan mudah dilakukan oleh Damkar.

“Insyaallah kami tidak akan terlambat lagi dalam proses pemadaman,” tegasnya.

Kedepan, lanjutnya, jika dikehendaki kami akan buat hidran hingga tiap kecamatan se-Kabupaten Bombana untuk memberikan pelayanan sesuai undang undang.(a)


error: Content is protected !!