Iklan Ramadhan Kominfo


Notice: Trying to get property of non-object in /home/mediaken/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/content-single.php on line 26

Bupati Konsel Harapkan PATRI Jadi Pelopor Pembangunan

ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Surunuddin Dangga, mendukung terbentuknya Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Anak Transmigrasi Republik Indonesia (PATRI) Konsel, selama organisasi tersebut bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam meningkatkan pembangunan dan ekonomi kerakyatan di daerah itu.

Dikatakan Bupati, selaku pemimpin daerah dalam rangka pemerataan pembangunan ada dua hal penting yang jadi prioritas, yakni peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), serta penguatan pertumbuhan ekonomi di Konsel.

Dimana, pihaknya telah menetapkan 52 Desa sebagai pusat kawasan pertumbuhan yang mayoritas di dalamnya termasuk eks transmigran yang disinergikan dengan wilayah tertinggal, dengan harapan dapat berkembang sejajar dengan daerah maju lainnya, yang mampu memiliki dan menciptakan produk unggulan sesuai potensi yang ada di daerah masing-masing.

Iklan kONAWE

“Selain untuk memperjuangkan tingkat perbaikan kesejahteraan, yang berimbas menurunnya angka kemiskinan di tengah-tengah keberagaman, kita semua tanpa terkecuali PATRI harus jadi alat pemersatu dan perekat bangsa sehingga roda perekonomian bisa berjalan lancar, aman dan kondusif khususnya di Konsel,” terangnya, saat menghadiri Musyawarah Cabang (Muscab) I PATRI periode 2018-2023, Sabtu (3/11/2018).

Bupati juga berharap, PATRI mampu memberikan kontribusi positif dan menjadi pelopor pembangunan dengan mengutamakan kebersamaan, sehingga Konsel bisa terus berkembang dan lebih maju lagi, serta terciptanya masyarakat unggul dan sejahtera menuju Desa Maju Konsel Hebat.

“Berbicara soal transmigrasi, saya termasuk salah satu saksi hidup terkait penempatan lokasi transmigran di Sultra dan Konsel secara umum. Saat itu, saya diperbantukan sebagai satuan tugas permukiman transmigrasi, sehingga saya memahami kondisi awal dan perkembangan terkini, yang menurut saya telah memberikan dampak signifikan terhadap roda perekonomian dan pembangunan di daerah. Dibuktikan dengan berkembang pesatnya tingkat kesejahteraan dan pembangunan di daerah itu,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD PATRI Sultra, Ujang Sudirman mengatakan, PATRI sebagai suatu wadah berhimpunnya putra-putri transmigran dengan gerakan di tengah kehidupan masyarakat, yang diharapkan dapat bersama-sama dengan pemerintah mengembangkan kehidupan yang demokratis, harus dapat menjunjung tinggi kebebasan yang bertanggung jawab, kesetaraan, kebersamaan dan kejujuran demi daerah.

“Kita harapkan dengan terbentuknya PATRI di Konsel nantinya bisa menjadi wadah untuk mengakomodir, menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat transmigran dan anggotanya, serta sebagai sarana komunikasi timbal balik antar anggota dan antara organisasi dengan masyarakat lain serta organisasi politik, pihak DPRD dan Pemerintah Daerah, khususnya mendukung program Pemda Konsel mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat,” tandasnya. (b)

Reporter : Erlin


error: Content is protected !!