Kadis Kesehatan Busel, La Ode Budiman. Foto: MEDIAKENDARI.com/Basri/B

Empat Puskesmas di Busel Naik Status

Reporter: Basri
Editor: La Ode Adnan Irham

BATAUGA – Dinas Kesehatan Buton Selatan (Busel) memastikan empat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) siap terakreditasi akhir 2019 ini. Hal itu sebagai upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Busel meningkatkan pelayanan pada masyarakatnya.

iklan KOminfo

Kepala Dinas Kesehatan Busel, La Ode Budiman menyebut, empat puskesmas itu yakni yang dipastikan akan terakreditasi, yakni Puskesmas Lapandewa, Puskesmas Gerak Makmur, Puskesmas Bahari dan Puskesmas Batu Atas.

“Minggu lalu kita sudah pra survei,” ungkap Budiman saat ditemui di kantornya, Rabu (30/10/2019).

Dikatakannya, kepastian akan diakreditasnya puskesmas tersebut berdasarkan hasil penilaian kelayakan Kementerian Kesehatan RI sejak berdirinya. Sehingga dianggap memenuhi standar dan tak ada lagi kendala.

BACA JUGA:

“Terlebih Puskesmas Lapandewa, untuk penanggung jawab setiap program telah lengkap semua, walau memang ada sebagian yang masih berstatus tenaga honorer dengan kesejahteraan masih dibawah standar, tapi untuk standar prosedur mereka telah memenuhi semua,” tuturnya.

Ia pun menjelaskan, akreditasi sangat dibutuhkan untuk mengukur kinerja puskesmas, baik pelayanan pasien, maupun kelengkapan administrasinya agar sesuai standar nasional. Sehingga dengan diakreditasi, puskesmas semakin meningkatkan pelayanannya sehingga sama dengan puskesmas yang ada di kota besar.

“Namun demikian, bagi puskesmas yang belum terakreditasi dan yang telah terakreditasi masing-masing memiliki harapan yang sama. Dimana, bagi yang belum maka harus berupaya untuk meningkatkannya sehingga dapat terakreditasi, demikian pula yang telah terakreditasi agar terus meningkatkannya sehingga dapat bertahan bahkan dinaikan status akreditasnya,” harapnya.

Lebih lanjut, dari sembilan puskesmas yang ada di Busel, tercatat lima puskesmas lebih awal telah terakreditasi dan pada 2018 lalu tiga puskesmas telah naik status, dari akreditas pratama ke tingkat madya, yakni Puskesmas Kadatua, Puskesmas Siompu, dan Puskesmas Siompu Barat.

“Alhamdulillah untuk tiga puskesmas itu sudah terakreditasi di tingkat Madya. Tentu ini tidak terlepas dari kerja keras, mulai dari kesiapan sumber daya manusianya, hingga pada bagaimana pencatatan administrasi untuk laporannya,” tutupnya. (B)

Iklan BPKAD
Iklan BLUD Konawe