Majelis Taklim Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara saat melaksanakan pawai dalam rangka Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah. (Foto: Mediakendari.com/Safruddin Darma)

1200 Orang Ikuti Pawai 1 Muharram di Wakorut

Reporter: Safrudin Darma
Editor: Kang Upik

BURANGA – Sebanyak 1200 orang mengikuti pawai peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 hijriah di Kecamatan Wakorumba Utara (Wakorut), Kabupaten Buton Utara (Butur), Minggu (1/9/2019).

iklan KOminfo

Peserta pawai ini terdiri dari anggota mejelis taklim, siswa SD, SMP dan SMA se Wakorut dan dikawal aparat TNI, Polri serta pegawai puskesmas setempat.

Camat Wakorut Ld Salama menjelaskan, Dzulhijjah adalah bulan penutup dalam sistem penanggalan Islam. Diceritakannya, sebelum mengenal kalender Islam atau hijriyah, masyarakat Arab menandai waktu berdasarkan peristiwa penting yang terjadi.

“Sejarah 1 Muharram, ditandai dengan peristiwa besar yakni Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Oleh karena itu, sebagai umat Islam maka sepatutnya kita rayakan hari besar ini,” kata Salama.

BACA JUGA:

Ia juga memberikan apresiasi nya bagi seluruh peserta pawai yang dengan antusias merayakan tahun baru Islam.

“Saya juga sangat bangga atas anstusias masyarakat Wakorut dalam pawai perayaan hari baru Islam ini. Alhamdulillah, peserta yang mengikuti sebanyak 1200 orang,” pungkasnya. /C

Iklan BPKAD
Iklan BLUD Konawe