Bupati Buton Utara Abu Hasan saat memberikan bantuan BSPS kepada masyarakat. (Foto: Mediakendari.com/Safruddin Darma/A)

Bupati Butur Salurkan Dana BSPS ke Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Reporter : Safrudin Darma
Editor : Wiwid Abid Abadi

BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan, memberikan secara langsung Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada masyarakat di Butur.

Pemberian buku tabungan BSPS oleh Bupati itu, dilaksanakan di Aula Bappeda, didampingi Kepala Dinas Perumahan, Kabupaten Buton Utara, Rabu (28/8/2019).

Kepada wartawan, Abu Hasan berharap, agar dana bantuan ini bisa digunakan dengan sebaik-sebaiknya, dan masyarakat bisa menikmatinya.

“Semua kegiatan ini sudah terpantau, jadi saya harapkan hal tersenut dikerjakan dengan sebaik-baiknya,” tegas Abu Hasan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Armin, menjelaskan, dinasnya memberikan dana BSPS kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Armin bilang, dana itu nantinya akan masuk secara langsung ke rekening masyarakat penerima bantuan.

“Jadi, penyaluran BSPS itu dari Dirjend Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR ke Bank BTN atau Bank Sultra, lalu masuk ke rekening masyarakat penerima bantuan. Kemudian, penerima bantuan memilih toko yang telah disepakati untuk penyaluran bahan bangunan dan keperluan lainya,” jelasnya.

“Kemudian, saat pengambilan barang di toko tak langsung dibayar, tapi pihak toko menyalurkan sekitar 30 persen bahan, lalu dananya akan dicairkan oleh pihak Bank secara bertahap,” sambungnya.

BACA JUGA:

Armin bilang, bantuan tersebut bukan uang tunai, tetapi dalam bentuk bahan, sesuai proposal yang diajukan masyarakat penerima bantuan.

“BSPS tahun 2018 dan 2019 dikawal tim 4D dari Kejati Sultra. Kemudian BSPS tidak dikelola Dinas Perumahan Butur. Pemda Butur hanya sebatas mengusulkan, dan yang putuskan Dirjend Penyediaan Perumahan Kementrian PUPR,” jelas Armin.

Armin mengatakan, bahwa program BSPS di Butur tahun 2018 sukses besar, banyak masyarakat desa di Butur yang menerima manfaatnya.

“Contohnya Desa Mekar Jaya, Desa Dampala Jaya , Desa Rombo, Desa Banuabanua Jaya, Desa Malalanda dan lain-lain. Kalau masih ada satu dua yg kurang sempurna, itu bukan kegagalan, dan yang Maha sempurna hanya Allah SWT,” tutup Armin. (B)

error: Content is protected !!