Kadis Pertanian Butur, Yusuf saat menjajal alat Manual Rice Planter, Minggu (20/1/2019). Foto : Safrudin Darma/Mediakendari.com

Cek Lahan Pertanian, Distan Butur Uji Coba Manual Rice Planter

Reporter : Safrudin Darma
Editor : Def

BURANGA – Guna melakukan percepatan tanam pada 2019 ini, Dinas Pertanian Tanaman Pangan (Distan) Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) intens melakukan pengecekan lahan pertanian, disela-sela kegiatan di Kelurahan Laba Jaya, Kecamatan Wakorumba Utara, Distan melakukan uji coba alat tanam Padi Manual atau Manual Rice Planter, Minggu (20/1/2019).

Kepala Distan Butur, Yusuf mengatakan, pada hari ini pihaknya melakukan kunjungan peninjauan lokasi pertanian masyarakat yang telah diolah, yang siap dilakukan penanaman bibit.

“Hari ini juga, kami telah mencoba alat Manual Rice Planter dan alat ini cukup efektif sehingga dapat menghemat tenaga petani untuk menanami ladangnya,” terangnya.

Dikatakannya, Manual Rice Planter berfungsi untuk menanam padi, jagung dan kedelai. Alat ini merupakan bantuan dari Kementrian Pertanian RI pada 2018 lalu. Tapi pihaknya akan berusaha melobi di Kementan RI agar pada tahun ini, petani bisa mendapatkan bantuan alat serupa.

“Saya berpesan kepada petani, agar memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan jangan banyak menganggur serta memanfaatkan tiap jengkal tanah dengan tanaman yang bernilai ekonomis,” tutupnya. (B)

Iklan BPKAD
Iklan BLUD Konawe