Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Utara, Yade Riyanto. (Foto : Mumun/Mediakendari.com)

Dana Desa di Konut Capai Rp124 Miliar

Reporter : Mumun
Editor : Kang Upi

WANGGUDU – Pemerintah pusat mengucurkan anggaran Dana Desa (DD) ke Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) sebesar Rp124 miliar. DD yang dikucurkan untuk periode Tahun 2019 ini nantinya akan diterima 159 desa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konut Yade Riyanto menyebutkan, jika DD yang bersumber dari APBN tahun 2019 ini mengalami peningkatan dari tahun 2018 lalu.

Peningkatan ini berdasarkan penghitungan berkembangnya jumlah desa, termasuk desa maju dan desa terisolir.

“Sistem pembagian anggaran Rp 124 Miliar itu 70 persen bagi rata 159 desa. 30 persennya dibagi lagi berdasarkan klasifikasi desa, jumlah penduduk, daftar warga miskin berdasarkan Kementerian Keuangan RI, serta letak geografis desa,” katanya, Selasa (29/1/2019).

Lanjut Yade, saat ini para kepala desa sementara membuat hasil musyawarah desa (Musdes) yang kemudian dituangkan dalam Anggaran Pendatapan dan Belanja Desa (APBDes).

“Setelah mereka masukan hasil Musdes baru, kami akan evaluasi yang melibatkan tim gabungan evaluasi seperti Dinas PU, Bappeda, BPKAD, Dinas Kesehatan dan Dinas PK,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Konut ini.

Yade juga menguraikan, pelibatan OPD dalam tim evaluasi hasil Musdes misalkan Bappeda akan bertugas melihat antara Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tetap sinkronisasinya dengan RPJMDes yang dibuat kepala desa.

“Kemudian Dinas PU melihat jangan sampai tumpang tindih dengan apa yang anggarkan Dinas PU tidak dianggarkan lagi oleh desa. Kita rencanakan pencairan tahap awal 20 persen setelah rampung semua, seperti Peraturan Bupatinya dan APBDes mereka,” tutupnya. (A)

Iklan BPKAD
Iklan BLUD Konawe