Salah satu warga Desa Wanggudu raya, Kecamatan Asera, Konut, sedang melakukan pemadaman api secara manual, pada Kamis (14/03/2019) kemarin. (Foto: Dok. Polsek Asera)

Gegara Tabung Gas Meledak, Rumah dan Kios di Konut Ludes Terbakar

Editor : Def

WANGGUDU – Nurlian (57), warga Desa Wanggudu raya, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) hanya bisa pasrah, saat melihat rumah dan kios miliknya ludes terbakar, pada Kamis (14/03/2019) kemarin, sekitar pukul 15.30 wita. Akibat peristiwa itu, dirinya mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

Iklan kONAWE

Berdasarkan kesaksian korban di kepolisian, bahwa insiden tersebut merupakan kelalaian dari korban sendiri. Sebelum terjadi kebakaran, saat itu korban tengah melakukan aktivitas memindahkan Bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin dari dalam jerigen ke dalam botol untuk diperjual belikan, liter dengan menggunakan selang kecil.

Saat itu, korban meninggalkan bensin tersebut dan menuju ke dapur untuk mengecek kue yang sementara dipanggangnya, saat itulah peristiwa yang tidak diduga terjadi, bensin yang sementara dipindahkan ke dalam botol penuh dan tertumpah ke lantai kemudian mengenai tabung gas yang dijualnya.

Api yang berasal dari kompor merembet ke bensin yang sudah tertumpah, untungnya korban menyadari hal itu, dan spontan keluar untuk meminta pertolongan. Beberapa menit kemudian, tabung gas meletus sehingga kebakaran semakin besar, dengan cepat menjalar sampai kerumah korban yang letaknya tepat berada di belakang kios milik korban.

Baca Juga :

Warga yang melihat insiden tersebut, datang berbondong-bondong melakukan pemadaman dengan menggunakan alat seadanya. Untungnya, sekitar sekitar pukul 16.00 wita, mobil pemadam kebakaran Konut tiba di lokasi kebakaran dan langsung melakukan pemadaman, dan pukul 17.45 wita, kebakaran berhasil di padamkan.

“Apinya berasal dari kompor kemudian merembet ke tumpahan bensin dan juga mengenai tabung gas. Kalau untuk kerugian saya sekitar Rp. 250 juta,” terang Nurlian, berdasarkan rilis yang diperoleh dari kepolisian.

Untuk diketahui, kios milik korban yang berukuran kecil terbuat dari kayu, yang didalamnya berisikan barang-barang jualan seperti Sembako, BBM dan tabung gas, dimana barang-barang tersebut sangat mudah terbakar.

error: Content is protected !!