Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga ST. MM saat menyampaikan sambutan (Foto:Istimewa)

Halal Bi Halal di Laeya, Bupati Konsel Paparkan Tiga Fokus Pembangunan

Reporter:Erlin

Editor : Kang Upi

ANDOOLO – Setelah melakukan halal bi halal di Kecamatan Angata serta sejumlah wilayah lainnya, Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga menghadiri agenda serupa di Kecamatan Laeya, Rabu (12/6/2019) Malam.

Agenda halal bi halal yang digelar di Halaman Kantor Kecamatan Laeya ini, dihadiri ratusan warga serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Surunudin menjelaskan jika agenda halal bi halal digelar untuk menyambung silahturahmi dan mempererat persaudaraan antara pemerintah dan masyarakat.

Menurutnya, halal bi halal yang dihadiri ratusan warga ini merupakan momen yang tepat untuk saling bermaafan serta memantau kondisi masyarakat, yang tidak dilakukan dengan mengunjungi rumah warga satu persatu.

Dikesempatasn tersebut Surunuddin juga memaparkan fokus pembangunan yang akan dilaksanakan Pemda Konsel dalam periode tiga kedepan, yakni infrastruktur, peningkatan SDM, serta penurunan angka kemiskinan.

Untuk penurunan angka kemiskinan ini akan dilakukan salah satunya dengan melakukan rehab dan pembangunan 7.000 Rumah Tidak Layah Huni (RTLH) bagi, termasuk dibidang pendidikan dan kesehatan.

“Investasi SDM adalah mendorong masyarakat meningkatkan iman dan takwa agar terhindar dari perbuatan tercela, termasuk terciptanya situasi kantibmas yang kondusif dan terkendali,” ujar Surunuddin.

Ia juga meminta aparatur pemerintahan di semua level menjadi corong dalam mempublikasikan program dan capaian kinerja Pemda Konsel, juga menjadi peredam gesekan sosial di masyarakat.

“Jadilah peredam gejolak atau gesekan sosial di masyarakat, sehingga kejadian seperti yang manimpa saudara kita di Kabupaten Buton tidak terjadi di Konsel,” jelasnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjutnya, dirinya meminta dukungan dan peran masyarakat untuk bersama pemerintah, dalam membangun harmonisasi dengan mendukung program yang dicanangkan Pemda demi peningkatan kesejahteraan.

Baca Juga :

“Untuk itu marilah kita menjaga persatuan dan kesatuan, karena modal membangun konsel adalah kebersamaan kita dengan bahu membahu menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat,” pungkas Surunuddin.

Sementara itu dalam sambutannya, Camat Laeya Hadismar menjelaskan bahwa kehadiran Bupati bersama jajaran OPD Pemda Konsel dapat memberikan motivasi dan dorongan bagi pihaknya untuk bisa bekerja lebih baik.

“Kami masyarakat Laeya sudah merasa bahagia karena telah diperhatikan melalui realisasi program kerja di berbagai bidang,” ungkapnya.

Dalam halal bi halal ini turut hadir Sekretaris Daerah, H. Sjarif Sajang dan Ketua TP-PKK, Hj. Nurlin Surunuddin serta Ketua DWP, Hj. Ariyati Sjarif, dan Kapolres Konsel, AKBP Dedy Adriyanto.

Selain itu hadir juga anggota DPRD Provinsi Dapil 2 Konsel-Bombana, Rasyid, pimpinan OPD, Camat dan para Kepala Bagian serta tokoh dan pemuka agama setempat.(b)