Iklan Kominfo
Kadis Parawisata Konsel AB. Subair saat menyampaikan sambutan pada pelatihan tata kelola destinasi parawisata. (Foto : Istimewa)

Kemenpar RI Kucurkan Rp 6 Miliar Untuk Pembangunan Wisata di Konsel

Iklan Kodrat

Reporter : Erlin

Editor : Taya

ANDOOLO – Dinas Parawisata (Dispar) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) 2019 ini mendapat kucuran anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 6 Miliar dari Kementerian Parawisata (Kemenpar).

iklan hps

Hal tersebut disampaikan Kadis Parawisata AB.Subair dalam Pelatihan Tata Kelola Destinasi Parawisata di salah satu hotel di Konsel, Jumat (28/6/2019).

“Alhamdulillah berkat kerja keras dan sinergitas dengan Kemenpar, tahun ini kita mendapat tambahan dana yang cukup besar, dengan rincian, alokasi anggaran non fisik sekitar Rp1 milyar untuk membiayai pengembangan SDM/pelatihan, dan alokasi anggaran fisik untuk pembangunan infrastruktur dan sarana penunjang lainnya Rp. 5 miliar dan akan terus ditambah pada tahun 2020,” ungkapnya.

Subair menjelaskan, 2018 hanya mendapat alokasi sebesar Rp. 1 Milyar untuk pembangunan infrastruktur dan pengembangan sumber daya masnusia ataupelatihan pada bidang pariwisata.

Lebih lanjut Subair, menjelaskan anggaran tersebut sebagian besar untuk pembangunan lokasi wisata, namun yang baru dicanangkan, yang akan dibangun sarana jalan, sanitasi dan homestay serta kios cinderemata dengan menelan anggaran kurang lebih Rp4 miliar, serta wisata air terjun Sumber Sari Kecamatan Moramo, meliputi pembangunan jalan gantung permanen, perbaikan jembatan rusak menuju lokasi air terjun, pembangunan ruang ganti, dan dua jalur tangga naik – turun dengan anggaran berkisar Rp900 juta.

Subair berharap kepada 46 pengelola destinasi wisata dan 5 wisata baru bisa memanfaatkan peluang. Ia juga berharap seluruh pelaku wisata dan masyarakat di Konsel agar memiliki pemahaman yang sama untuk bersama-sama mendorong dan meningkatkan pendapatan masyarakat dengan mengimplementasikan sapta pesona demi terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat yang masyarakatnya sejahtera, beradab, unggul dan amanah. (a)

Iklan Kominfo
Iklan BLUD Konawe
error: Content is protected !!