Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar, MH mengukuhkan Ketua BAZNAS Kolaka Utara Periode 2018-2023 Drs. H. Muslimin Nur. (Foto: Mediakendari.com/Pendi/A)

Manfaatkan Momentum 1 Muharram 1441 H, Pengurus MUI dan Baznas Kolut Dikukuhkan

Reporter : Pendi
Editor: Kang Upik

LASUSUA – Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pengurus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) resmi dilantik Senin (02/09/2019) di Aula Islamic Centre Masjid Agung Lasusua.

Pengukuhan yang dilakukan pada hari dan tempat yang sama untuk memaknai dan memanfaatkan momentum Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah.

Dalam kegiatan ini, pengurus MUI Kolut dikukuhkan terlebih dahulu oleh Ketua MUI Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. KH. Mursidin, M.HI. Selanjutnya, pengurus Baznas Kolut dikukuhkan Bupati Kolut Drs. H. Nur Rahman Umar.

Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama (Depag) Kolut Drs. H. Baharuddin, M. Si menuturkan bahwa momentum perayaan 1 Muharram 1441 H / 2019 M ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Tahun sebelumnya dilaksanakan pawai keliling dalam kota namun kali ini hanya dilakukan di kecamatan oleh pengurus baznas dan para tokoh agama, pendidikan dan masyarakat, yang dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus MUI dan BAZNAS Kolut,” jelasnya.

Semetara itu, Ketua Baznas Sultra Hasbi Saing yang diwakili Wakil Ketua II Drs. H. Tamrin, M. Si dalam sambutannya mengungkapkan, jika pengurus Baznas Sultra berterima kasih atas pengelolaan Baznas Kolut yang optimal.

“Baznas harus bersinergi dengan program Pemda Kolut yang berbasis penanganan masyarakat miskin dan pengelolaan Baznas ini harus dikelolah secara akuntabel,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Dikesempatan yang sama, Bupati Kolut Nur Rahman Umar dalam sambutannya menegaskan bahwa makna yang bisa dipetik dari perayaan 1 Muharram 1441 H/2019 M adalah proses menuju keperadaban Islam yang lebih baik.

“Hijrah dalam mewarnai kehidupan kita dalam mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, umat Islam mampu membangun perekonomian yang baik dan persaudaraan yang kuat dibawah panji islam,” ujarnya.

Ia berharap, pengurus MUI dan Baznas Kolut yang baru dikukuhkan dapat bersinergi dan membantu program pemerintah yang sesuai visi daerah yaitu mewujudkan Kolut dan masyarakat madani.

“Semoga beban, tugas dan tanggung jawab yang berat ini bisa diemban amanah sesuai nawaitu yang baik dan semoga sukses,” tutupnya

Dalam hikmah perayaan 1 Muharram 1441 H yang dibawakan Drs. KH. Mursidin, M.HI diungkapkan, bahwa MUI merupakan mitra pemerintah untuk melayani, pelindung umat, dan saudaranya pemerintah.

Menurutnya, masyarakat madani adalah masyarakat islam yang merangkul sesama manusia dan MUI juga bersinergi dengan pemerintah sebagai wadah untuk menyuseskan program pemerintah

“Dengan masuknya 1 Muharram ini secara otomatis maka umur pun secara tidak langsung sudah bertambah. Olehnya itu dalam hikmah pada momentum yang ini marilah memperbaiki aktivitas kita agar ketakwaan kita terhadap Allah Swt semakin kuat,” pesannya. /A

error: Content is protected !!