Iklan Ramadhan Kominfo


Notice: Trying to get property of non-object in /home/mediaken/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/content-single.php on line 26

Upacara Hari Pahlawan, Ini Pesan Wabup Konawe

UNAAHA – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November. Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara bertindak sebagai Inspektur Upacara, kegiatan itu juga turut dihadiri unsur Muspida dan berbagai
pejabat serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan, setiap tanggal 10 November Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam, yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

“Kemerdekaan Indonesia merupakan kemerdekaan yang diraih dengan perjuangan, tetesan keringat dan air mata serta tumpahan darah para pahlawan yang berperang melawan penjajah. Dengan demikian, para generasi penerus bangsa dalam hal ini pemuda untuk bisa melanjutkan cita-cita pahlawan dengan semangat patriotisme demi meraih dan mempertahankan kemerdekaan yang telah dicapai ini,” pesannya.

Iklan kONAWE

Dikatakannya, peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus syarat makna, bukan hanya sebagai prosesi, namum subtansi. Setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

penuburan bunga di makam pahlawan
penuburan bunga di makam pahlawan

 

“Nilai kepahlawanan bukan bersifat statis, namun dinamis bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru, mewarisi nilai perjuangan dan patriotisme dalam membangun Bangsa Indonesia. Setiap Zaman pasti ada Pahlawannya, dan setiap Pahlawan pasti berkiprah di eranya,” tuturnya.

Gusli menambahkan, terkait dengan hal tersebut, bangsa ini memerlukan pahlawan baru, Indonesia membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini. Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan berketerampilan di bidangnya.

“Diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi Pahlwan bagi diri sendiri, Palawan bagi lingkungan, Pahlawan bagi masyarakat maupun Pahlawan bagi negeri ini dan daerah ini”, tutupnya.

Usai menggelar Upacara Hari Pahlawan, Wabup dan jajaran Forkompimda melaksanakan Ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) yang berada di Desa Asao, Kecamatan Tongauna.

Redaksi


error: Content is protected !!