Suasana sosialisasi perubahan nama Kabupaten oleh Pemda Konkep (Foto: Ist)

Pemda Konkep Sosialisasikan Perubahan Nama Jadi Kabupaten Pulau Wawonii

Reporter: Kardin

Editor : Kang Upi

KONKEP – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) sedang giat-giatnya mensosialisasikan perubahan nama daerah tersebut menjadi Kabupaten Pulau Wawonii.

Bupati Konkep, Amarullah menjelaskan, perubahan nama tersebut bertujuan untuk mempertahankan kearifan masyarakat lokal untuk penyebutan nama Pulau Wawonii yang kini mulai tergerus dengan sebutan Konkep.

“Lama-lama sebutan Wawonii itu hilang, karena setiap masyarakat ditanya asalnya pasti menjawab dari Konkep. Itu yang kita khawatirkan dan ini sudah terjadi di tengah masyarakat,” jelas Amarullah saat sosialisasi di Desa Lamoluo Kecamatan Wawonii Barat, Senin, (15/7/2019).

Baca Juga :

Nama Kabupaten Pulau Wawonii kata Amarullah, sebenarnya telah dicanangkan sejak awal pengusulan pemekaran Konkep. Namun, atas usulan Pemda Konawe, agar nama Wawonii diubah menjadi Konawe Kepulauan.

“Salah satu pertimbangannya agar statusnya tidak terlepas dari kabupaten induk yaitu Kabupaten Konawe,” terangnya.

Meski kelak akan berganti nama kata Amarullah, masyarakat Wawonii adalah bagian dari Konawe dan tidak akan terhapus sampai kapan pun atas jasa Pemda Konawe yang mendukung pemekaran.

“Yang pastinya, apapun modelnya kita adalah bagian dari Konawe,” pungkasnya. (A)

Iklan Balai PJN-XII Kendari
Iklan BLUD Konawe