Suasana Sholat Idul Fitri di pelataran Rujab Bupati. Foto : Istimewa

Pemda Konsel Gelar Shalat Id di Halaman Rujab Bupati

Reporter : Erlin

Editor : Taya

ANDOOLO – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menggelar Shalat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H/2019 M di Halaman Rumah Jabatan (Rujab) Bupati di Andoolo, pada Rabu, (5/6/2019).

Shalat Id berjamaah bersama warga tersebut di hadiri, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin, Sekretaris Daerah (Sekda), H. Sjarif Sajang, Ketua DPRD, Irham Kalenggo, Ketua TP-PKK, Hj. Nurlin Surunuddin, Ketua DWP, Hj. Ariyati Sjarif dan para Pimpinan OPD Lingkup Pemda Konsel.

Tampak juga di hadiri Putra-Putri Bupati Konsel, yakni, Leni Surunuddin, Adi Jaya Putra, Yuning, Aksan Jaya Putra, dan para menantu serta cucunya.

Bertindak sebagai Imam Shalat, Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Konsel, Hamlin S Ode Maka, dan Khatib, Dosen Pendidikan Agama Islam UHO, Ustadz Jahada, dengan mengangkat Tema ‘Idul Fitri Meretas Jalan Taqwa Menuju Masyarakat Madani’.

“Alhamdulillah hari ini kita laksanakan Shalat Id Idul Fitri dalam keadaan cuaca yang sangat mendukung, mari panjatkan syukur tiada henti dan rayakan kemenangan di hari yang Fitri ini, setelah sebulan penuh menjalankan ibadah Ramadhan menahan hawa nafsu dengan keimanan dan ihtisab,” kata Bupati Konsel, Surunuddin dalam sambutannya usai Shalat Id.

Dan setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan, sambungnya, diharapkan mampu meningkatkan Iman dan Taqwa kita semua, serta mempererat tali silahturahmi dan selalu menumbuhkan semangat kebersamaan, yang juga sebagai modal dasar dalam membangun Konsel agar lebih maju, yang masyarakatnya sejahtera, beradab dan religius.

Mengakhiri sambutannya, atas nama pribadi, keluarga dan Pemda, Surunuddin menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H/2019 M, Mohon Maaf Lahir dan Bathin kepada seluruh umat muslim Konsel, semoga kita semua kembali Fitri/suci, yang siap saling memaafkan dan memperbaiki hubungan sesama dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan baik sesama maupun umat beragama lain. Sejalan juga dengan tujuan pembangunan, untuk mendorong dan memperkuat alur perekonomian masyarakat.

Tempat yang sama, Ketua DPRD, Irham Kalenggo, mengatakan dengan segala kerendahan hati selaku pribadi dan pimpinan legislatif memohon maaf lahir bathin atas segala salah dan khilaf, semoga di hari fitri ini bisa membersihkan jiwa kita untuk bagaimana melangkah kearah yang lebih baik kedepan, dan segala amalan serta ikhtiar selama ini dapat di implementasikan dalam keseharian kita masing-masing.

Sementara itu, dalam Khutbahnya, ustadz Jahada, mengatakan bahwa setiap umat manusia lahir didunia bersifat otentik, jadi ketika kembali ke pencipta harus dalam keadaan otentik, untuk kembali otentik jalannya hanya melalui Al-Islam, yang maknanya memiliki hubungan integrasi antara manusia dengan alam semesta, sesama manusia, dan kepada tuhannya melalui pengembangan mental spiritual.

Nah, jika ini telah dijalankan dengan baik, tandasnya, maka akan berdampak terhadap kemaslahatan seluruh umat manusia yang juga menjadi pilar utama majunya suatu daerah, serta mampu menciptakan situasi alam yang selalu bersahabat kepada manusia, seperti terhindar dari bencana alam.

Ia juga menganjurkan untuk memamfaatkan hari lebaran ini dengan saling memaafkan, terkhusus memohon maaf kepada kedua orang tua jika masih hidup, dan mendoakan bagi yang telah tiada. (B)