Bupati Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin saat memaparkan masa transisi pemulihan banjir di Bumi Oheo yang dihadiri oleh sejumlah Kementerian di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Foto : Mumun/Mediakendari.com./a

Soal Relokasi Korban Banjir Konut, Kepala BMKG RI Puji Ruksamin

Reporter : Mumun

Editor : Taya

JAKARTA – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI, Prof Dwikorita Karnawati, memuji Bupati Konawe Utara Provinsi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin soal program merelokasi warga korban banjir.

Pujian itu dilontarkan saat Ruksamin memaparkan niatan merelokasi korban banjir di Bumi Oheo pada rapat percepatan penanganan banjir Sulawesi Tenggara yang digelar di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI di Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Dalam rapat dengan sejumlah Kementerian RI itu, Bupati Ruksamin memaparkan jika pada masa transisi pemulihan banjir yang sedang dilaksanakan meninjau dan memastikan lokasi persiapan pembangunan hunian sementara yang jumlahnya ratusan.

Baca Juga :

“Kami sudah menyiapkan lokasi untuk pembangunan huntaran bagi warga korban banjir. Dan selanjutnya kami akan merelokasi warga di beberapa desa seperti Desa Tapuwatu,” kata Ruksamin.

Pemaparan Mantan Ketua DPRD Konut ini, langsung mendapat respon positif dan pujian dari Kepala BMKG RI, Prof Dwikorita Karnawati.

“Keputusan merelokasi itu keputusan yang jitu, karena rumah warga saya lihat dalam foto itu berada dalam tikungan atau lekungan sungai. Saya kira tinggal dilakukan pengkajian dimana tempat yang pas untuk direlokasi,” ujarnya.(a)