Warga masyarakat Desa Teteona dan Tetewonua saat mengungsi pada pukul 20:30. Foto : Jaspin/Mediakendari.com/A

Sungai Konaweeha Meluap, Tiga Kecamatan di Kabupaten Konawe Dilanda Banjir

Reporter : Jaspin

Editor : Kang Upi

UNAAHA – Akibat tingginya curah hujan sejak beberapa pekan, Sungai Konaweha di Kabupaten Konawe meluap dan merendam tiga Kecamatan, yakni Wonggeduku, Wonggeduku Barat, dan Konawe.

Salah seorang warga Desa Tetewunua Nuddin menjelaskan, luapan air sungai mulai merendam rumah warga mulai pukul 15:00 Wita sore tadi. Selain hujan, banjir juga disinyalir terjadi akibat jebolnya bendung tiang panjang di Desa Dawi-Dawi, sehingga mengakibatkan puluhan desa terendam.

“Kalau di Desa Dawi-Dawi itu mulai jam 9:00 pagi sudah mulai banjir. Kalau di sini di Desa Tetembuta baru mulai jam 3:00 sore tadi baru sampai,” jelas Nuddin yang juga mantan Kades setempat kepada mediakendari.com, Minggu (9/6/2019) malam.

Dengan kondisi ini, warga di tiga kecamatan yang terdampak banjir menggungsi ke sejumlah wilayah yang berada di ketinggian.

“Banjir yang saat ini telah meremdam rumah kami sudah setinggi pinggang. Jika hujan masih terus turun, kemungkinan akan bertambah lagi tingginya,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang warga lainnya, Mutahar menuturkan bahwa hingga sejauh ini warga belum mendapatkan bantuan dari BPBD Pemda Konawe.

Banjir ini sendiri telah dipantau langsung Ketua DPRD Kabupaten Konawe H. Ardin yang turun langsung mendatangi lokasi.

“Pak Ardin tadi sore sudah datang kesini. Kalau dari pihak BPBD saya belum lihat turun di lokasi,” ucapnya. (A)

Iklan BPKAD
Iklan BLUD Konawe