oleh

Sungai Laweu Meluap, 30 Rumah di Desa Lalonggopi Kebanjiran

Reporter: Taswin Tahang

KOLAKA – Puluhan rumah di Desa Lalonggopi, Kelurahan Ulu Wolo Kabupaten Kolaka terendam banjir akibat luapan Sungai Laweu. Air mulai menggenangi pemukiman warga sejak Minggu 7 Maret 2021 sore.

Diduga, luapan air sungai yang menyebabkan banjir ini terjadi akibat tingginya curah hujan dibagian ulu sungai, sehingga debit air meninggi melewati batas daya tampung sungai.

Kepala Desa Lalonggopi, Irwan mengatakan,  banjir yang terjadi sekitar pukul 19.30 tersebut merendam tiga dusun didsesanya, dengan jumlah rumah yang tergenang sekitar 30 rumah.

Menurutnya, tidak hanya menggenangi wilayah desanya, banjir juga merendam sejumlah warga yang berada di Kelurahan Ulu Wolo, yang posisinya bersebelahan dengan Desa Lalonggopi.

Akibat banjir ini sendiri, sejumlah warga memilih meninggalkan rumahnya untuk ke rumah sanak saudaranya yang tidak kebanjiran, untuk mewaspadai banjir susulan yang lebih tinggi.

Untuk mencegah adanya hal yang tidak diinginkan, aparat Pemerintah Desa Lalonggopi bersama aparat kepolisian dari Polsek Wolo dan Babinsa setempat melakukan penjagaan.

“Luapan air sudah mulai surut, masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing. Saya mengimbau masyarakat agar tidak panik, serta tetap waspada dengan banjir susulan,” pungkasnya. /B

Terkini