oleh

Survei The Haluoleo Institute Hanya Empat Parpol Tembus Senayan, Nasdem dan PAN Nihil

Reporter : Kardin

Editor : Def

KENDARI – Berdasarkan hasil survei The Haluoleo Institute hanya ada empat Partai Politik (Parpol) yang bakal mengisi kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Empat Parpol itu yakni, PDI Perjuangan dengan 18,00 persen, Demokrat 14,20 persen, Golkar 13,00 persen dan Gerindra 7,30 persen. Sementara NasDem sebagai partai pemenang pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018 lalu hanya berada di 4,20 persen dan tidak memiliki kursi di DPR RI.

Baca Juga :

Direktur Eksekutif The Haluoleo Institute, Narlim Sarlito Alimin menuturkan, dari empat Parpol tersebut yakni PDI Perjuangan mendapatkan 2 kursi di Senayan, Demokrat 2 kursi, Golkar 1 kursi dan Gerindra juga mendapatkan 1 kursi di DPR RI.

“Jadi ada empat partai yang akan menuju ke senayan,” ungkap Narlim Sarlito saat konferensi pers di salah satu hotel di Kendari, Minggu (10/3/19).

Sementara untuk Partai Nasdem, katanya, meski menjadi partai pemenang pada Pilgub 2018 lalu dan Ali Mazi sebagai ikon sekaligus Gubernur Sultra saat ini, namun konsolidasi partai yang dilakukan masih dirasa kurang.

“Kalau kita lihat konsolidasi Nasdem tidak kelihatan gregetnya. Irama yang ada hari ini adalah Pilpres, jadi elektoralnya Partai pengusung,” urainya.

Baca Juga :

Namun demikian katanya, ke empat Parpol tersebut tetap akan ditentukan oleh konsistennya sampai pada hari pemilihan tiba.

“Yang pasti masih ada margin erornya, tinggal konsistennya saja,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk PAN dan PKS berada diurutan 6 dan 7 dengan jumlah persentase hanya bertahan di 3 persen. (A)


Terkini