Tahun Depan Busel Operasikan Ambulans Laut

Reporter: Basri
Editor: La Ode Adnan Irham

BATAUGA – Kabupaten Buton Selatan (Busel), Provinsi Sultra bakal mengoperasikan Kapal Ambulans Laut Juni 2020 mendatang.

Hal itu dipastikan setelah usulan Busel disetujui Kementerian Kesehatan dan tinggal menunggu proses tender saja.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Selatan (Busel), La Ode Budiman, mengungkapkan, ambulans itu akan menunjang pelayanan kesehatan antar wilayah Busel yang wilayahnya meliputi beberapa pulau.

Kata dia, seperti saat diusulkan sebelumnya, anggaran yang disiapkan untuk kapal tersebut yakni Rp 2,2 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Termasuk dengan anggaran kelengkapan fasilitas kesehatan di dalam kapal ambulans,” katanya ketika ditemui, Selasa (12/11/2019).

Baca Juga :

Seperti yang telah diberitakan  mediakendari.com sebelumnya, Pemkab Buton Selatan mengusulkan pengadaan kapal ambulans laut dengan ukuran panjang kapal 12 meter, dan lebar sekitar 3 meter, dengan kecepatan antara 25 hingga 30 knot. 

Dengan ukuran dan kapasitas mesin seperti itu, diperkirakan dapat menempuh wilayah kepulauan terjauh Busel, yakni Pulau Batu Atas hanya dengan waktu kurang dari 1 jam lebih, dan wilayah kepulauan terdekat seperti Kadatua dan Siompu hanya dengan waktu tempuh 5 menit. (B)

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total