BOMBANAHEADLINE NEWSKESEHATANNEWSSULTRA

Tahun Depan, Layanan RSUD Bombana Berbasis Elektronik

1377
×

Tahun Depan, Layanan RSUD Bombana Berbasis Elektronik

Sebarkan artikel ini
Supveyor KARS, Dr Ramli Isa Kukuh MHA (kanan) dan Dirut RSUD Bombana, drg Riswanto (kiri). Foto : Mediakendari.com/Hasrun.

Reporter: Hasrun
Editor: La Ode Adnan Irham

RUMBIA TENGAH – Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) menyarankan Pemerintah Daerah (Pemda) Bombana, untuk menyediakan kebutuhan layanan berbasis elektronik di RSUD Bombana.

Surveyor KARS, Dr Ramli Isa Kukuh MHA, mengatakan, sebagai pemilik Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Pemda Bombana harus memperhatikan kebutuhan operasional rumah sakit, termasuk kebutuhan layanan elektronik.

“Kedepan rumah sakit akan mengoperasikan layanan operasional secara digital,” ujar Dr Ramli usai melakukan verifikasi akreditasi BLUD RSUD Bombana, Sabtu (28/12/2019).

Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk memudahkan pelayanan, baik layanan administrasi maupun layanan kesehatan.

“Misalnya mengirim surat itu tidak manual lagi, layanan apa saja tidak ditulis tangan semua pake digital. Paling lama akhir tahun depan itu sudah dilakukan,” katanya.

Direktur RSUD Bombana, drg Riswanto menuturkan, verifikasi yang dilakukan KARS merupakan tahap kedua. Sasaranya mengecek beberapa rekomendasi KARS pada Tahun 2018.

“Alhamdulillah rekom yang diberikan saat verifikasi tahun lalu, kurang lebih delapan sampai 10 persen sudah kita lakukan. Kita akan maksimalkan lagi untuk Reakreditasi tahun 2020,” tuturnya.

“Karena sertifikat akreditasi 2017 berakhir Tahun 2020. Jadi nanti bukan verifikasi lagi, tapi penilaian,” tambahnya.

Jelasnya lagi, salah satu indikator rekomendasi yang diberikan KARS tahun lalu, yakni penyediaan ruang tunggu bagi warga berusia 60 tahun.

“Sekarang ruang itu sudah ada. Kita perioritaskan jika ada pasien lanjut usia, jadi dia tidak antri lagi,” kata Riswanto.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Bombana, Ardi A, SP. MP mendukung penuh rencana pelayanan RS berbasis elektronik, apalagi untuk kepentingan umum.

BACA JUGA :

“Dan kami juga akan mendukung di bidang anggaran. Nanti kami tunggu rencana anggaran RSUD, diperubahan kami siap mendukung demi masyarakat,” tegas Ardi.

Dengan begitu, ia berharap pelayanan kesehatan lebih ditingkatkan dan juga sumber daya kesehatan di RSUD itu bisa lebih maju. (A)

You cannot copy content of this page