oleh

Tahun ini, Baru 17 SMP di Baubau yang Mampu UNBK

Reporter: Ardilan

Editor : Def

BAUBAU – Dari 33 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), ternyata baru 17 SMP yang tercatat bakal menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 22 – 24 April 2019 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau, La Ode Aswad mengatakan, dari 17 SMP yang akan melaksanakan UNBK itu sudah termasuk Madrasah Tsanawiyah (MTs). Sementara, SMP lainnya masih menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil(UNKP).

Baca Juga : 55 Sekolah di Kota Kendari Siap Ikuti UNBK

“Masih kurangnya perangkat komputer di beberapa sekolah-sekolah, makanya belum bisa UNBK karena karena fasilitas penunjang di sekolah tersebut belum memadai,” ucap Aswad ditemui, Kamis (31/1/2019).

Asisten I Setda Kota Baubau ini menuturkan, kedepan pihaknya ingin semua SMP sudah bisa melaksanakan UNBK agar bisa merata.

“Ini tanggungjawab Diknas dan kedepan kita upayakan semua dapat menerapkan UNBK,” ujarnya.

Baca Juga : Minim Fasilitas, Hanya Dua Sekolah di Konawe dari 360 yang Siap Laksanakan UNBK

Untuk persiapan, kata Aswad, saat ini masih dalam penyusunan kisi-kisi soal ujian. Mata pelajaran yang akan diujikan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.

“Penyusunan kisi-kisi biasanya di pandu Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan(LPMP) Provinsi Sultra. Ini sudah ada presentasinya,” tutupnya.

Untuk diketahui, SMP yang akan melaksanakan UNBK ada 7 sekolah yakni SMP Negeri 2 Baubau, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 17, SMPN 18 Baubau, dan SMP Swasta Darusalam. Sedangkan, untuk MTs ada 10 sekolah yaitu MTs Negeri 1 Baubau, MTs Swasta AT Taqwa, MTsS Al Aziz, MTsS AT Ikhwan, MTsS Al Ikhsan. Kemudian, MTsS Al SAW, MTsS Al-Huda, MTsS Al Amanah, MTsS Al Barokah, dan MTsS Az Zikir. (A)


Terkini