oleh

Tahun ini, BLUD RS Konawe Pendapatannya Capai 40 Milyar

KENDARI – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Kabupaten Konawe, pendapatan keuangannya pada tahun 2018 mencapai 40 Milyar.

Capaian itu dijelaskan Direktur BLUD RS Konawe dr Agus Lahida saat membacakan sambutannya dalam rangka Soft Opening BLUD RS, Kabupaten Konawe yang diresmikan oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati.

Agus mengatakan, pada tahun 2013 semasa dirinya ditugaskan sebagai direktur BLUD RS Konawe pendapatan mencapai 3 Miliar dan di Tahun ini BLUD kembali meraup pendapatan sebanyak 40 Milyar.

“Di Tahun 2013 pendapatan yang didapatkan RS Konawe masih mencapai 3 Miliar dan alhamdulliah, saat ini pendapatan kami telah mencapai 40 Miliar. Keberhasilan itu berkat upaya pihaknya dalam penataan keuangan dengan menggunakan transaksi non tunai,” paparnya di hadapan Rombongan Menteri Keuangan dan Masyarakat Konawe.

Dikatakannya, dirinya menyadari bahwa peningkatan pendapatan tersebut tidak datang dengan sendirinya, melainkan kontribusi dari pihak-pihak perbankan yang telah menyumbangkan counter banknya kepada pihak RS.

“Beberapa program, kami lakukan perbaikan. Perbaikan itu terutama dalam penataan keuangan kami dengan mengunakan transaksi non tunai, hal itulah yang sangat membantu, sehingga kami tidak melakukan transaksi tunai lagi,” cetus dia.

Ia mengurai, seperti Bank Sultra membantu counter transaksi tunai dan non tunai  yang berjalan 24 jam. Dengan demikian, transaksi bisa dilakukan kapan saja dan tidak melalui tangan kami lagi, langsung ke pihak perbankan.

“Begitu juga dengan Bank BTN Persero dan bank-bank lain yang ada di Konawe, kehadirannya di RS Konawe sangatlah membantu kami dalam bertransaksi,” cetusnya.

Soft Launching BLUD RS Konawe selain Menkeu RI, Sri Mulyani, juga dihadiri Pj Gubernur Sultra, Tegus Setyabudi

Agus Lahida juga menjelaskan keberadaan RS Konawe, menurut dia RS Konawe dulunya berdiri pada tahun 1988 yang diresmikan oleh Presiden RI yang ke II, Soeharto pada tanggal 27 Agustus.

“RS Konawe ini, pada saat itu (1988, red) masih tipe D, kemudian pada tahun 1997 meningkat menjadi Tipe C. Dan pada tahun 2010 RS  Konawe ini meningkat menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)” ujar Agus mengurainya.(adv)


Laporan : Redaksi

Terkini