oleh

Tambal Jalan Berlubang, Ngabuburit Ala Damkar Muna

Reporter : Erwino

Editor : Taya

RAHA – Berbagai macam cara untuk mendulang pahala di bulan suci Ramadhan. Seperti halnya yang dilakukan anggota Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara ini, Senin, (3/6/2019).

Tim penjinak api yang dipimpin Kabid Damkar, Riktamin itu ngabuburit dengan cara menambal jalan-jalan berlubang di Kota Raha. Hal ini dilakukan mengingat kondisi jalan yang memperihatinkan. Banyak jalan berlubang yang rawan terjadinya kecelakaan. Selain itu juga, tentu amal jariyah yang menjadi target utama bagi mereka.

Material yang digunakan yakni, aspal butas. Lubang ditimbun lalu kemudian dipadatkan dengan gilasan ban mobil Damkar bermuatan air.

“Dari pada tidur-tidur sampe buka puasa, kan lebih baik buat kegiatan yang dapat mendatangkan pahala,” kata Riktamin diamini Komandan Peleton, Yamin. 

Kegiatan amal bakti ini sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Puluhan personil diturunkan untuk bekerja secara bersama-sama. Sebagian ada yang bekerja mengumpulkan stok, sisanya menimbun dan memadatkan jalan.

Target utamanya, akses jalan menuju pasar sentral Laino tuntas ditambal. Alhasil, saat ini pengendara sudah lebih leluasa untuk menggunakan jalan menuju pasar.

“Insya Allah kalau cuaca mendukung, kita akan lakukan terus meski selesai hari lebaran. Kebetulan masih banyak jalan berlubang di seputaran Kota,” sebutnya.

Tak sedikit para pengguna kendaraan yang sangat bersyukur dan berterima kasih atas kegiatan itu. Sesekali pengendara yang lewat saat aksi mengucapkan kata sanjungan dan doa.

“Mantap!, semoga banyak pahalanya,” teriak salah seorang pengendara. (a)

Terkini