NEWS

Target 2000 Meter Panjang Landasan Pacu Bandara Betoambari Tuntas Tahun Ini

1025
×

Target 2000 Meter Panjang Landasan Pacu Bandara Betoambari Tuntas Tahun Ini

Sebarkan artikel ini
Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse meresmikan proyek perpajangan landasan pacu Bandara Betoambari. Foto: Adhil/mediakendari.com

 

Reporter: Adhil

BAUBAU – Pemerintah Kota Baubau terus menggenjot pengembangan sejumlah sarana dan infrastruktur penunjang bandar urada (Bandara) Betoambari.

Perpajangan runway atau landasan pacu pesawat sepanjang 2.000 meter jadi prioritas utama dan ditargetkan akan tuntas tahun ini.

Kepala Bandara Betoambari Baubau, Nurul Anwar mengatakan, sebelumnya Pemerintah Kota Baubau menargetkan perpanjangan landasan pacu hanya sepanjang 1.500 meter, namun setelah menjalani sejumlah proses kajian maka target tersebut ditambah menjadi 2.000 meter.

Selain panjang landasan pacu, kata Nurul, perluasan sisi landasan pacu juga dilakukan. Kurang lebih ada 160 meter yang akan ditambah, masing-masing 80 meter untuk sisi kiri dan kanan.

“Sekarang prosesnya sementara pesiapan jaluar landasan pacu, jalur yang tidak rata sedang di ratakan menggunakan alat berat, untuk sisi landasannya sementara diratakan dengan timbunan. Penahan tanah tahap satu juga sementara dikerjakan untuk memenuhi ultimate master plan 2.000 meter dan sebagai pemenuhan rencana review master plan 3.000 meter rencana panjang landasan pacu Bantara Betoambari kedepannya,” terang Nurul dikonfirmasi, Senin 7 Juni 2021.

“Jika semua berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, bisa dipastikan 2022 mendatang landasan pacu kita yang 2.000 meter ini bisa digunakan,” tambahnya.

Sebelumnya, Wali Kota Baubau AS Tamrin dengan tegas mengingatkan seluruh pihak tidak mempersulit proses pengembangan sarana insfrastruktur Bandara Betoambari, utamanya terkait pembebasan lahan.

“Kita semua harus saling membantu. Anggarannya itu sudah jelas, sesuai porsinya masing-masing,” kata AS Tamrin.

You cannot copy content of this page