oleh

Telkomsel dan TikTok Dukung Kreativitas Masyarakat Indonesia di Era Digital

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Di era kemajuan digital saat ini, berbagai platform untuk mengekspresikan diri banyak bermunculan. Jika dulu kita mengenal Facebook (Fb), kemudian Intsagram (Ig), dan Youtube. Kini media kreatif dan inovatif baru muncul dan sangat digandrungi masyarakat, yakni TikTok.

Platform destinasi video singkat yang paling digandrungi dan perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel mengumumkan kemitraan strategis.

Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman mengeksplorasi dan menginspirasi melalui akses internet yang cepat serta lingkungan yang nyaman dan positif bagi generasi muda, khususnya bagi pengguna TikTok dan 160 juta pengguna Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Melalui siaran pers Telkomsel yang diterima MEDIAKENDARI.com, Selasa 27 Oktober 2020 sebuah studi YouGov menunjukan, sebesar 54 persen masyarakat memilih video singkat menjadi konten terbaik untuk mengekspresikan kreativitasnya.

Dari 54 persen tersebut, sekitar 40 persen diantaranya membutuhkan media musik untuk mendukung ide kreatif tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kehadiran konten interaktif dengan kolaborasi audio dan visual menjadi format menarik untuk menyampaikan suatu gagasan konten kreatif.

Hal inilah yang melandasi kemitraan strategis TikTok dengan Telkomsel melalui sebuah misi yang sama, yaitu mendukung kreativitas anak muda di era digital melalui beberapa kegiatan, antara lain:

Pertama, jetersediaan kuota khusus TikTok di paket data Kuota Ketengan, UnlimitedMAX, dan Combo Sakti. Upaya ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk menyampaikan ekspresi kreatif mereka melalui format video singkat di TikTok, dengan akses internet yang cepat dan terjangkau.

Kedua, pelaksanaan webinar bertema literasi digital, termasuk meningkatkan pemahaman mengenai potensi kejahatan siber di era digital serta memberikan tips pada peserta untuk menjadi warga digital yang bijak. Webinar ini akan diselenggarakan pada 5 November 2020 dengan melibatkan peneliti dari Center for Digital Society (CfDS) dan pakar teknologi dan informasi, Onno W Purbo.

Director of Business Development, TikTok SEA. Vanessa Brown menuturkan saat ini masyarakat telah beralih ke teknologi untuk pengekspresian diri

“Kami bersyukur di tengah kondisi yang menantang ini, banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan TikTok sebagai rumah mereka untuk berkreasi, tempat untuk menjalin kebersamaan dan dimana mereka bisa menjadi diri sendiri,” ujarnya.

Lanjutnya, pihkanya sangat menyambut baik kemitraan ini bersama Telkomsel dan senang bisa bekerjasama dengan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia tersebut, untuk menghadirkan pengalaman terbaik kepada masyarakat Indonesia dalam mengekspresikan kreativitas, serta menggunakan internet dengan lebih positif.

Hal senada disampaikan oleh Vice President Prepaid Consumer Telkomsel, Adhi Putranto. Ia mengatakan Literasi digital menjadi penting untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam menjalani gaya hidup digital, seperti saat ini.

“Maka dari itu, Telkomsel merasa antusias dalam menjalani kemitraan dengan TikTok, karena kami memiliki kesamaan visi dalam menjaga kebermanfaatan internet bagi masyarakat. Kolaborasi ini juga melanjutkan upaya sebelumnya dari Telkomsel melalui inisiatif Internet BAIK (Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif) dalam memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam mengakses dunia maya,” terang Adhi.

Upaya kolaboratif ini pun sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai leading digital telco company yang menjadikan kolaborasi sebagai fondasi dalam mengembangkan ekosistem digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

“Kami pun membuka pintu bagi para pemangku kepentingan lainnya untuk menciptakan lebih banyak upaya kolaboratif yang mampu memberikan kenyamanan pemanfaatan internet dan teknologi di Indonesia melalui peningkatan literasi mengenai keamanan siber bagi seluruh masyarakat secara merata,” lanjut Adhi.

Selain kolaborasi dengan TikTok, perhatian Telkomsel terhadap literasi keamanan siber di tengah masyarakat juga sudah diwujudkan melalui program Internet BAIK.

Program Internet BAIK fokus melindungi pengguna internet, khususnya anak-anak dan remaja sebagai digital native, dari dampak negatif dunia maya. Sampai saat ini, Internet BAIK telah melakukan edukasi ke puluhan kota, ratusan sekolah, serta puluhan ribu murid, orang tua, dan guru.

“Peningkatan literasi digital membutuhkan upaya yang berkelanjutan. Dengan bermitra bersama Telkomsel, kami yakin dapat merangkul lebih banyak masyarakat untuk ikut memberdayakan diri menjadi warga digital yang bijak dalam mengekspresikan kreativitasnya di platform digital,” ungkap Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia, Angga Anugerah Putra.

Sejalan dengan Telkomsel, keamanan dan kenyamanan pengguna menjadi prioritas utama TikTok. Selain membekali pengguna dengan berbagai fitur keamanan, seperti akun privat, filter komentar, Family Pairing, dan fitur pelaporan langsung, TikTok juga mengadakan berbagai kerjasama dan kegiatan untuk mengedukasi pengguna tentang keamanan digital, antara lain tentang perundungan siber dan aman berinternet.

Terkini