oleh

Telur dan Minyak Goreng di Baubau Alami Kenaikan Harga

 

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Dua kebutuhan pokok yakni telur dan minyak di Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami kenaikan harga. Minyak goreng naik menjadi Rp 17.000 per liter dan telur ayam ras ukuran sedang Rp 50.000 per rak.

Hal ini sebagaimana data yang dimiliki Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Baubau.

“Kenaikan harga dua komoditas ini masih terbilang wajar karena naiknya cuma Rp 1000 sampai Rp 2000. Ini terjadi saat awal bulan Ramadan sampai sekarang,” ungkap Kepala Disperdagin Kota Baubau, La Ode Ali Hasan Senin, 19 April 2021.

Menurutnya, kenaikan harga terbilang tidak wajar lagi jika lonjakannya harganya sampai diatas 20% dari harga normal atau sebelumnya. Ia menjelaskan khusus minyak goreng kenaikan harga juga terjadi secara skala nasional hingga internasional.

“Jadi kenaikannya itu serentak disemua daerah-daerah lain di Indonesia. Bulan Ramadan ini gejolak harga merupakan hal biasa,” ujarnya.

Kendati demikian, mantan Plt Dirut PDAM Kota Baubau itu mengaku pihaknya akan terus berupaya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok sembilan bahan pokok (Sembako) di pasaran

“Kita tidak akan tinggal diam. Saat ini untuk ditingkat distributor masih cukup aman untuk stok sejumlah bahan kebutuhan pokok. Kami juga berencana akan menggelar pasar murah disejumlah titik bila harga bahan kebutuhan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri masih terjadi kenaikan,” pungkasnya.

Terkini