FEATURED

Tema Indonesia Kerja Bersama Diaktualisasiakan Melalui Kerja Nyata Untuk Konawe

436
×

Tema Indonesia Kerja Bersama Diaktualisasiakan Melalui Kerja Nyata Untuk Konawe

Sebarkan artikel ini
KONAWE, MEDIAKENDARI.COM- Dewan Perwakilan Daerah Daerah (DPRD) Konawe bersama Pemerintah Kabupaten Konawe (Pemkab) Rabu 16 Agustus 2017 mengelar Sidang Paripurna Istimewa mendangarkan  Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia (Presiden RI) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 tahun di ruan sidang kantor Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah (DPRD).
DPRD besama Pemkab setempat saat mendengarkan pidato kenegaraan itu dengam tema “INDONESIA KERJA BERSAMA”.
Tema Indonesia kerja Bersama mengandung makna yang strategis dalam mengisi kemerdekaan bangsa ini dan menjadi representasi semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Konawe Gusli Topan Sabara mengatakan, dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif dengan asas kebersamaan dalam bekerja membangun bangsa Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan menunjukkan pendekatan yang bersifat merangkul dengan memperhatikan asas kebersamaan dan gotong royong dalam membangun Indonesia yang lebih baik.
“Menifestasi tema ini kita aktualisasiakan melalui sub tema “Kerja Nyata Untuk Konawe”. Makna semua ini sangat besar, di mana kita semua dituntut untuk senantiasa peduli terhadap upaya nyata dalam konteks pembangunan dan kehidupan sosial kemasyarakatan. Olehnya itu, kita harus melakukan terobosan-terobosan nyata, keluar dari zona nyaman, harus kreatif, optimis dalam mempercepatpembanguan daerah dengan menyuburkan kembali nilai-nilai semangat juang, kerja keras, kesantunan, tata krama, dan memperkokoh karakter kita berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945″ terang Ketua DPRD Konawe.
Tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan “Kerja Nyata Untuk Konawe” lanjut Gusli, telah dilakukan melalaui manifestasi kearifan lokal dalam rangka menstimulan kebangkitan Konawe sebagai pusat kebudayaan, Konawe sebagai pusat peradaban, konawe sebagai negeri para leluhur dan tanah kerinduan.
Dengan dukungan tulus, kesabaran dan sikap optiis seluruh rakyat Indonesia di Kabupaten Konawe, Inyah Allah transformasi fundamental yang dijalankan pada saatnya akan berbuah manis. Karena pemerintah dan DPRD Konawe berkeyakinan kuat bahwa membangun Konawe harus dengan nilai-nilai ketulusan yang pada akhirnya akan membangkitkan integritas dari seluruh masyarakat Kabupaten Konawe.
Lanjutnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, senantiasa berkumpul di tempat ini untuk memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan. selain itu menghadirkan kenangan pahit masa lalu negeri ini yang penuh dengan pengorbanan jiwa dan harta benda.
“Kesempatan ini kita akan jadikan media kilas balik, untuk merilis kembali apa yang telah kita lakukan dalm kurun waktu satu tahun terakhir, tentunya kita tidak akan larut dalam kesedihan yang mendalam, tetapi yang penting bagi kita adalah segera bangkit untuk mengisi kemerdekaan sesuai dengan kerja nyata berdasarkan fungsi dan tugas masing-masing” kata Gusli.
Kata dia, tahun 2017 ini merupakan momentum yang sangat berarti bagi perjalanan hidup daerah Kabupaten Konawe menuju daerah kearah yang makin maju. Alhamdulillah, keberhasilan mencapai dua kali opini WTP adalah sinergi positif di antara semua komponen masyarakat. Penggalangan kekuatan bersama ini adalah suatu siklus bagi berhasilnya pembangunan. Tidaklah mungkin kesuksesan pembangunan diraih jika hanya elemen pemerintah yang bekerja keras, tanpa dukungan positif dari seluruh elemen masyarakat.
“Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, saya ingin mengajak mari kita sikapi hasil-hasil pembangunan ini secara wajar dan proporsional. Memang masih banyak tantangan dan pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan. Namun, sesungguhnya telah banyak pula prestasi pembangunan yang berhasil diraih, selain dua kali opini WTP. Pemerintah Kabupaten Konawe berkat motivasi Bupati dan Wakil Bupati Konawe telah berhasil meraih dua kali piala Adipura” Jelas Gusli.
Akan tetapi Kata Gusli, semua penghargaan yang telah diperolah bukanlan tujuan akhir, namun setidaknya menjadi indikator penilaian dari keberhasilan atas upaya yang dilaksanakan secara bersama antara pemerintah, DPRD dan seluruh stake holder di Kabupaten Konawe.
“Ini semua adalah keberhasilan kita bersama, utamanya keberhasilan masyarakat Kabupaten Konawe yang telah memilih kami untuk memikul amanah masyarakat. Amanah yang diberikan ini akan kami laksanakan dengan penuh dedikasi dan penuh tanggungjawab, sebagaimana masyarakat memberiakan kepercayaan itu dengan tulus kepada kami. Kami juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa menjaga, memelihara semua yang telah dicapai. dan dengan kebersamanaan mari kita satukan tekad untuk terus melanjutkan pembangunan di Kabupaten Konawe dengan penuh rasa cinta kepada negeri para leluhur tanah kerinduan” Ujar Politisi PAN ini.
Dalam Rapat Paripurna Istimewa, Mengikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI Dalam Rangka HUT RI ke-72 Aula Utama DPRD Konawe, dihadiri Wakil Bupati Konawe, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Konawe, Wakil Ketua II DPRD Konawe, Ketua Pengadilan, Rektor Uniersitas Lakidende, Ketua Pengadilan Agama, Sekda Konawe, Pejabat Eselon II dan III lingkup Pemda Konawe, Legion Veteran, Pimpinan Parpol, Ormas, LSM BUMN dan BUMD serta tokoh-tokoh masyarakat. (***)

You cannot copy content of this page