HEADLINE NEWSKendariMETRO KOTANEWS

Tetap Produktif Saat Pensiun, Taspen Cabang Kendari Ajak ASN Berwirausaha Jelang BUP

466
×

Tetap Produktif Saat Pensiun, Taspen Cabang Kendari Ajak ASN Berwirausaha Jelang BUP

Sebarkan artikel ini
200-an ASN lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara saat mengikuti sosialisasi program, Senin (19/8/2019) di Plaza Inn Hotel Kendari. Foto : Doc.Mediakendari.com

REDAKSI

KENDARI – PT Taspen Cabang Kendari mendorong para Aparatur Sipil Negara (ASN) agak bisa berwirausaha menjelang pensiun melalui program ‘Kewirausahaan ASN’.

Sekitar 200-an ASN lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mengikuti sosialisasi program ini, Senin (19/8/2019) di Plaza Inn Hotel Kendari.

Kepala Taspen Cabang Kendari, Revi Mutiarni menjelaskan, program Kewirausahaan ASN ini merupakan program nasional yang dilaunching langsung Presiden RI, Joko Widodo.

“Jadi ini program nasional, dan bukan hanya di Sultra. Setelah kita sosialisasi di Kendari, rencananya kita akan sosialisasi program ini di kabupaten kota se Sultra,” jelasnya.

Menurutnya, banyak ASN yang sudah masuk Batas Usia Pensiun (BUP) itu tidak berkarya dan tidak produktif lagi. Dengan program ini harapannya para ASN bisa tetap berkarya dimasa pensiun dengan berwirausaha.

“Jadi kita juga berharap agar ASN timbul keinginan untuk beriwirausaha saat sebelum pensiun, sehingga dimasa pensiun bisa tetap produktif dalam berkarya,” jelasnya.

BACA JUGA :

Ia juga menjelaskan, program ini juga dimaksudkan untuk memupus sindrom para pensiunan, yang kerap menggambarkan bahwa dengan status tersebut bakal kehilangan harapan dan penghasilan.

“Kita ingin memotivasi, ayo bangkit, ASN pensiunan jangan kena sindrom seolah – olah telah kehilangan harapan dan juga peluang penghasilan, ” ujarnya.

Untuk mendukung program ini, PT Taspen Cabang Kendari telah menjalin kerjasama dengan perbankan, yakni ada sembilan bank yang nantinya terlibat dalam dukungan permodalan.

“Kita sudah ada kerja sama dengan sembilan bank, tapi yang kita gandeng untuk hari ini baru tiga,” ujarnya.

Dikesmpatan yang sama, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas yang hadir untuk membuka sosialisasi, menegaskan jika dirinya mendukung program Kewirausahaan ASN ini.

Menurutnya, setiap ASN bakal memasuki masa pensiun, sehingga dengan program Kewirausahaan ASN ini bisa menjadi bekal, untuk mendukung kesejahteraan.

“Ini sangat bagus sekali, karena bisa setelah ASN purbabakti, maka dengan program ini, hanya dengan modal sedikit bisa mengembangkan usahanya,” kata Lukman.

Ia juga menegaskan, bahwa dengan pengalaman dibidang kerja yang dijalani para ASN selama bekerja sebagai abdi negara, bisa menjadi pengalaman untuk berwirasusaha.

“Jadi yang punya pengalaman kerja di pertanian, perikanan atau hal lainnya, bisa memulai pengalaman di bidang itu. Karena setelah pensiun maka penghasilan baik gaji dan tunjangan itu tinggal 40 persen, jadi program ini sangat baik untuk bekal sebelum pensiun,” pungkasnya

You cannot copy content of this page