oleh

Tiga Desa di Konut Siap Direlokasi

Reporter : Mumun

Editor : Taya

WANGGUDU – Sebanyak tiga desa terdampak banjir di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) rencananya akan direlokasi. Hal ini berdasarkan kehendak masyarakat yang siap direlokasi tempat tinggalnya dari bantaran sungai.

Bupati Konut, Ruksamin mengatakan, rencana relokasi tersebut berdasarkan permintaan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai di tiga desa yang menyerahkan sepenuhnya kepada Pemkab Konut.

“Tiga desa yang siap direlokasi itu adalah Desa Tapuwatu, Wanggudu Raya dan Walalindu, Kecamatan Asera,” jelas Ruksamin di rumah jabatannya, Wanggudu, Minggu (16/6/2019).

Menurut Mantan Ketua DPRD Konut ini, relokasi tiga desa itu akan dilaksanakan berdasarkan hasil dialog dan permintaan saat dirinya turun bertemu dengan warga korban banjir.

“Besok (Senin, 17/6/2019) kami akan rapat koordinasi dengan pimpinan OPD untuk menentukan lokasi dimana tempat yang akan kita relokasi,” ujarnya.

Dia menambahkan, perpanjangan masa tanggap darurat akan benar-benar dimanfaatkan untuk membangun hunian sementara (Huntaran) bagi 370 warga yang rumahnya hanyut terbawah banjir.

“Sebelum berakhir masa tanggap darurat, hunian ini sudah selesai dibuat,” pungkasnya. (a)

Terkini