oleh

Tiga Desa di Lasalimu Selatan akan Ditanami Pala dan Kelapa

-NEWS-213 dibaca

 

Penulis : Ardilan

BUTON – Kecamatan Lasalimu Selatan Kabupaten Buton mendapat jatah bantuan pertanian. Tiga desa di wilayah itu yakni Desa Sangia Arano, Desa Harapan Jaya dan Desa Mulya Jaya akan ditanami tanaman Pala dan Kelapa.

Pemerintah Kabupaten Buton melalui Dinas Pertanian memilih Kecamatan Lasalimu Selatan sebagai bentuk sinergitas bersama Kodim 1413 Buton yang tengah melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-110.

“Penanaman pala dan kelapa ini merupakan tindak lanjut dari penyuluhan pertanian yang telah diberikan ke masyarakat (Lasalimu Selatan),” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Buton, Ma’mul Djamal dalam keterangannya, Minggu 14 Maret 2021.

Djamal menuturkan pihaknya melakukan penanaman pala dan kelapa karena praktek dan teori harus diterapkan secara seimbang.

“Penanamannya akan dilakukan secara simbolis nanti sebagai contoh kepada masyarakat beginilah cara menanam yang baik dan benar,” ujarnya.

Ia menjelaskan penanaman pala dan kelapa dilakukan secara simbolis karena keterbatasan bibit yang dimiliki. Program ini merupakan salah satu program Bupati Buton, La Bakry yang ingin membudidayakan tanaman pala banda dan kelapa genjah di Kabupaten Buton.

“Kami hanya menyediakan masing-masing 50 bibit pala dan kelapa. Itu nanti akan dilakukan oleh pemerintah daerah bersama pak Dandim dan Kapolres,” katanya.

Sebagaimana diketahui, program penanaman pala dan kelapa juga merupakan program yang dilakukan bersama satuan tugas TMMD dibawah pengawasan Dandim 1413 Buton, Letkol Infantri Arif Kurniawan serta dibawah komando dan arahan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen Andi Sumangeruka.

Terkini