oleh

Tiga Destinasi Wisata di Baubau Diikutkan Ajang API

-NEWS-250 dibaca

 

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengikutkan tiga destinasi wisata di daerah itu ke ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021. Tiga destinasi wisata dimaksud yakni muara Benteng Keraton Buton, muara Lakologou dan Ikan Molo.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Baubau, Ali Arham mengungkapkan pihaknya mengusulkan Benteng Keraton Buton sebagai kategori destinasi situs sejarah karena memiliki nilai situs peninggalan Kesultanan Buton, punya histori (Sejarah) panjang dan merupakan landmark pembentuk karakter kota Baubau sekaligus sebagai benteng terluas di dunia.

“Kalau muara Lakologou karena destinasi tersebut belum pernah tersentuh pengembangan, berada dekat perkotaan namun masih sangat alami dan masih terbuka untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan,” ucap Ali Arham, Senin 15 Maret 2021.

Selain itu, kata Ali Arham, disekitar muara Lakologou juga terdapat Pantai Sukanaeo Pulau Makasar, Hutan Bakau, Hutan Nipa, aliran sungai yang cukup panjang, aktivitas berperahu, fotografi dan dekat dengan areal pertanian.

“Sedangkan ikan Molo diajukan sebagai kategori makanan tradisional karena merupakan masakan ciri khas yang sangat kental dengan Budaya Buton. Ikan molo berbahan dasar ikan katapai (Ikan asap) yang dimasak dengan bahan dasar dan khas menggunakan daun kaobula, belimbing wulu, kelapa goreng dan santan Kelapa,” urainya.

Ikan molo itu, beber Ali Arham, hanya bisa dijumpai di daerah eks pusat Kesultanan Buton ini. Makanan yang disajikan dalam keadaan terbungkus itu uniknya dapat disantap sekaligus dengan daun pembungkusnya.

“Tiga destinasi wisata yang kami diajukan ini akan menunggu penetapan nominasi 14 April 2021 nanti. Kalau terpilih akan bersaing dengan destinasi wisata lainnya melalui voting sms (short message system),” ujarnya.

Sebagai informasi penetapan 10 besar akan divoting mulai periode April-Mei. Sementara penentuan tiga besar dimulai periode Juni-Oktober 2021.

Terkini