Tiga Kabupaten di Sultra Keciprat Bantuan Rumah Tak Layak Huni, Cair Tahun Depan

NEWS1,853 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Sosial (Dinsos) bakal menyalurkan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu) pada tiga daerah pada 2023 mendatang.

Ketiga daerah yang keciprat bantuan tersebut yakni Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Bombana dan Konawe Kepulauan (Konkep).

Kepala Dinsos Sultra, Martin Effendi Patulak menjelaskan, ada 150 keluarga penerima manfaat (KPM) yang bakal menerima. Tiap Kabupaten akan disalurkan bantuan 50 unit rumah.

“Nanti pada tahun 2023 untuk Rutilahu atau rumah tidak layak huni itu sebanyak 150 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” ungkap Efendi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/12/22).

“Bantuan tersebut untuk tiga kabupaten di Sultra dimana masing-masing 50 rumah. Rencananya Konawe Selatan, Bombana dan Konawe Kepulauan. Yakni Rp15 juta per Kepala Keluarga (KK),” sambung Efendi.

Dikatakannya, bantuan Rutilahu bakal diberikan dalam bentuk uang tunai kepada masing-masing penerima.

“Nanti pihak kami akan turut mengawasi pembelian material bahan bangunan perbaikan rumahnya,” jelasnya.

Menurut Efendi, pihak Dinas Sosial Sultra, memberikan keleluasaan kepada KPM untuk membeli kebutuhan apa saja dalam pembangunan rumahnya.

“Jadi tidak ditentukan ukurannya tergantung yang punya rumah nanti dibantu oleh pendamping Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau pendamping sosial di kabupaten/kota untuk merencanakan peruntukan bantuan itu yang jelas untuk memperbaiki rumah. Apakah dia mau ganti atapnya, dinding atau lantainya. Yang jelas kita ada standar kesehatan untuk perumahan dengan nominal Rp15 juta per unit,” katanya.

Reporter : Rahmat R.