oleh

Tiga Kecamatan di Koltim Akhirnya Nikmati Listrik 24 Jam

Laporan: Jaspin

Editor : Kang Upi

TIRAWUTA – Setelah sekian lama menanti, warga di tiga kecamatan di Kabupaten Kolaka Timur, akhirnya bisa menikmati listrik 24 jam. Tiga wilayah tersebut yakni, Lalolae, Mowewe, dan Tinondo.

Pemukulan Gong di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Lalolae, Kamis (7/2/2019), oleh Bupati Koltim Tony Herbiansyah didampingi Manager PLN UP3 Kendari Mohammad Eryan Saputra, menandai peresmian aliran listrik di tiga wilayah tersebut.

Dalam sambutanya, Tony menjelaskan, sebelumnya masyarakat di tiga kecamatan tersebut hanya menikmati lampu pada malam hari saja, namun kini sudah bisa menikmati listrik 24 jam sehari.

“Listrik ini sudah bisa dipergunakan 24 jam penuh. Baik siang ataupun pagi. Tinggal bagaimana cara mempergunakan listrik itu agar tidak terlalu boros. Sebab listrik yang kalian pakai itu dibayar,” jelas Tony.

Ketua DPW NasDem Sultra ini juga menyampaikan, bahwa aliran listrik yang masuk ke tiga kecamatan tersebut, merupakan usulannya kepada PLN. Menurutnya, proses tersebut berdasarkan usulan bupati hingga proses berjalan dengan waktu yang tidak begitu lama.

“Proses masuknya listrik ini memang membutuhkan waktu yang tidak begitu lama. Sehingga pihak dari PLN juga bekerja dengan ekstra cepat hingga saat sekarang ini,” kata Tony.

Untuk selanjutnya, kata Tony, dua Kecamatan yakni Uluiwoi dan Ueesi akan diupayakan bakal menyala juga 24 jam di tahun ini. Saat ini, PLN tengah merampungkan pemasangan tiang listriknya.

“Sampai hari ini untuk pemasangan tiang listrik sudah sampai di Desa Pehanggo Kecamatan Uluiwoi. Jadi mudah-mudahan saja tahun ini juga sudah bisa menyala,” ungkap Tony.

Tony berharap walaupun listik disubsidi pemerintah, tetapi tidak digunakan seenaknya dengan berboros-borosan. “Pakailah listrik sesuai dengan peruntukannya. Jangan mentang-mentang karena disubsidi pemerintah lantas seenaknya saja memakai listrik,” katanya.

Selain itu, warga juga diperingati agar lebih berhati-hati khususnya anak kecil agar tidak bermain-main dengan listrik. Sebab telah banyak kasus kecelakaan hingga kematian serta kebakaran akibat kena strum, dan koslet.

“Orang tua jangan biarkan anak-anaknya untuk bermain listrik. Sebab listrik itu sangat bahaya untuk keselamatan kita bersama,” tutupnya.

Dalam persemian ini turut hadir, Ketua TP PPK Koltim Surya Hutapea, serta para Kepala OPD lingkup Pemda Koltim, para Camat dan Kepala Desa se Koltim.(b)


Terkini