NEWS

Tim Catur Beregu PWI Sultra Sukses Tahan Imbang Tim PWI Jabar

907
×

Tim Catur Beregu PWI Sultra Sukses Tahan Imbang Tim PWI Jabar

Sebarkan artikel ini

KENDARI – MEDIAKENDARI.COM: Tim catur beregu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menahan imbang atau seri (draw) tim PWI Jawa Barat (Jabar).

Pertandingan babak akhir Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) digelar di Hall El Hotel Kartika Wijaya, Kota Batu, Jawa Timur (Jatim), Kamis 24 November 2022.

Hasil imbang di babak VI yang diperoleh tim PWI Sultra ini lantaran berhasil merebut poin sama dengan tim kuat PWI Jabar yakni satu kemenangan, satu remis dan satu kalah.

Atas Raihan ini, PWI Sultra pun mencatatkan nama pada posisi 11 dari 24 provinsi peserta catur beregu di ajang Porwanas 2022.

Atas hasil ini, Ketua PWI Sultra, Sarjono menuturkan, prestasi catur kali ini merupakan satu catatan yang sangat signifikan sepanjang keikutsertaan tim PWI Sultra di ajang Porwanas.

“Dengan hasil ini, kita telah mengharumkan nama daerah Sulawesi Tenggara di ajang tertinggi kompetisi wartawan di Indonesia,” tutur Kopral Jono

Sepanjang keikusertaan PWI Sultra, di momen tahunan ini, baru pada ajang Porwanas ke 13 kali ini tim Catur PWI Sultra baru mampu berhasil mencatatkan diri pada papan tengah skor peringkat nasional.

Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Sultra, Gafar menyebut, prestasi yang telah diukir atlet catur PWI Sultra membuktikan bahwa PWI Sultra juga punya nyali bertarung di ajang kompetisi nasional.

“Di ajang Porwanas ke 13 ini telah membuktikan, atlet catur PWI Sultra memiliki nyali untuk berkompetisi dan menaklukkan lawan-lawannya yang tangguh,” ujar Gafar.

PWI Sultra diketahui awalnya menurunkan tiga atlet di cabang catur beregu di ajang Porwanas Jatim 2022, yakni, Zakaria Sidik, Mochammad Irwan dan La Ode Kadamu.

Akan tetapi, La Ode Kadamu tidak tampil karena turun memperkuat tim futsal PWI Sultra sebagai penjaga gawang utama.

Kapten Tim Catur Beregu PWI Sultra, Zakaria Sidik mengaku bahagia atas raihan prestasi Sultra meskipun hanya tampil berdua bersama Mochammad Irwan di kelas catur beregu.

Menurutnya, dari enam babak yang dipertandingkan, Sultra mampu menang empat kali dan hanya dua kali kalah.

“Dengan hasil ini kami selanjutnya akan evaluasi dan lebih mengintensifkan latihan lagi di Sekretariat PWI Sultra,” ujar pria yang karib disapa Bang Jek ini sembari mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak.

Ketua Bidang Pertandingan dan Perwasitan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sultra, Muhammad Ali Yasin, FA juga mengaku salut akan prestasi yang diukir atlet PWI Sultra di Porwanas kali ini.

Sebab, walaupun hanya tampil dengan dua orang dalam satu tim catur beregu, PWI Sultra bisa meraih peringkat 11 dari 34 provinsi di Indonesia.

“Andaikan tim lengkap tiga orang, saya optimis PWI Sultra mampu menembus lima besar,” tutur Wasit Internasional itu yang juga intens memonitor perkembangan latihan atlet catur di Sekretariat PWI Sultra.

Dengan hasil yang dicapai ini, Ali Yasin berharap dapat menjadi pemantik semangat bagi atlet-atlet catur baru di PWI Sultra untuk berbicara di kanca nasional di kemudian hari.

Berikut 24 daftar peringat tim beregu catur Porwanas 2022 hasil akhir tanding enam babak yang dipimpin langsung oleh Wasit Internasional, Yusuf Santriyono:

1. Kalimantan Selatan
2. Kalimantan Tengah
3. Sumatera Utara
4. Lampung
5. Nusa Tenggara Barat
6. Jawa Timur
7. Jawa Barat
8. DKI Jakarta
9. Riau
10. Kalimantan Timur
11. Sulawesi Tenggara
12. Sulawesi Selatan
13. Daerah Istimewa Aceh
14. Jawa Tengah
15. Bangka Belitung
16. Sumatera Selatan
17. Bali
18. Bengkulu
19. Jambi
20. Papua Barat
21. Banten
22. Kepulauan Riau
23. Sulawesi Tengah
24. Sulawesi Utara

You cannot copy content of this page