NEWS

Tina Nur Alam : Kita Harus Mendorong Eksistensi Tenun di Sultra

754
×

Tina Nur Alam : Kita Harus Mendorong Eksistensi Tenun di Sultra

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Anggota DPR RI Komisi X asal Sulawesi Tenggara (Sultra), Tina Nur Alam mengatakan, momentum Bisa Festival dengan teman Geliatkan Kreasi Kain Tenun Sultra adalah momentum yang tepat bagi pemuda untuk ikut serta dalam pengembangan tenun asli Sultra.

Menurut dia, Forum tersebut bisa menjadi momentum para pelaku usaha, pemuda, pemerintah dan pengguna tenun agar terus mendorong eksistensi tenun dan budaya khas agar terus eksis dimana-mana.

“Jadi anak muda harus paham, mempelajari dan melestarikan tenun itu sendiri. Tidak hanya itu, anak muda harus memikirkan prospeknya ke depan seperti apa ini tenun pengembangannya,” ungkap Tina.

Ia bilang, kenapa tenun sangat penting, karena Sultra di mata nasional telah dikenal memiliki identitas tenun tersendiri yang khas.

“Tenun kita sudah mulai dikenal dimana-mana karena banyak sekali ragamnya, ada tenun Muna, Buton, Tolaki, Morenene bahkan ada tenun Wakatobi. Inilah yang harus kita jaga dan kita lestarikan,” terang politisi Partai Nasdem ini.

Sementara itu, Andi Syahrir, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra, mengatakan dalam mempromosikan tenun Sultra telah melakukan banyak agenda besar.

“Dalam pengembangan ini juga Sultra selalu ikut dalam ajang Indonesia Fashion Week, dalam acara ini menampilkan kha tenun Sultra bahkan tahun lalu sudah ada event tenun di Sultra di Baubau,” singkat Andi.

Reporter : Rahmat R.

You cannot copy content of this page