oleh

Tingkatkan Hasil Tangkapan, DKP Konawe Intens Bantu Nelayan

Redaksi

KENDARI – Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Konawe terus memberikan dukungan bagi para nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Konawe, Ulil Amrin menjelaskan, untuk hari ini pihaknya bantuan untuk nelayan di dua kecamatan yakni Lalonggasu Meeto dan Soropia.

“Bantuanya berupa kapal empat unit, dua jenis mesin tempel, dua jenis mesin dalam, diserahkan juga 30 mesin katinting, pancing rawe, pancing ulur, tonda dan rompon,” kata Ulil, ditemui MEDIAKENDARI.com, usai penyerahan bantuan di Soropia, Kamis (26/12/2017).

Adapun bantuan yang diserahkan adalah sebagai berikut, bantuan kapal 3 GT sebanyak 4 unit, mesin katinting 22 Pk sebanyak 30 unit, pancing rawe 500 mata untuk sebanyak 14 kelompok.

Selain itu, turut diserahkan bantuan jenis pancing ulur untuk satu kelompok, pancing tonda untuk satu kelompok, rompon 3 unit untuk satu kelompok, karamba untuk 10 kelompok usaha nelayan.

“Untuk rumpon laut dalam telah diserahkan sejak lama, karena alat itu akan dilepas di perairan sehingga masyarakat secepatnya bisa memancing di sekitar rumpon,” jelasnya.

Ulil juga menjelaskan, kedepan Pemda Konawe melalui DKP akan terus memberikan bantuan untuk mendukung peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di pesisir, berupa sarana kapal dan alat tangkap.

BACA JUGA :

“Untuk penerimanya ini berbasis kelompok usaha nelayan, yang terlebih dahulu berkoordinasi dengan penyuluh perikanan dan kepala desa untuk selanjutnya mengajukan proposal bantuan ke DKP Konawe,” terangnya.

Proposal itu nantinya akan di kroscek kebenaran dokumen dan kelompok usaha nelayannya, sebagai target pemberian bantuan yang akan disalurkan Pemda melalui DKP Konawe.

Terkini