oleh

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Dinas Pertanian Wakatobi Lakukan Pengembangan Sarpras

-NEWS-110 dibaca

 

Reporter: Sumardin

WAKATOBI – Pemerintah Kabupaten Wakatobi melalui Dinas Pertanian sementara melakukan pengembangan sarana dan prasarana guna meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani.

Kepala Dinas Pertanian Wakatobi, Tamrin mengatakan, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), pihaknya sementara melakukan pengembangan sarana dan prasarana pertanian di beberapa wilayah Kabupaten Wakatobi.

“Seperti jalan produksi, kemudian irigasi yang kita arahkan untuk pembuatan sumur bor, kemudian rehabilitasi balai penyuluhan pertanian di Binongko dan Tomia,” kata Tamrin di ruang kerjanya pada Kamis, 15 April 2021.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan pengadaan bibit sayur dan benih jagung untuk dibagikan kepada masyarakat. Pembagiannya dilakukan dalam bentuk kelompok yang telah direkrut penyuluh dan terdaftar dalam aplikasi Sistim Informasi Penyuluhan Pertanian (Simluhtan).

“Jadi, penyuluh melakukan pendataan ke desa-desa kemudian yang memenuhi persyaratan, admin memasukanya dalam aplikasi Simluhtan,” jelas Tamrin.

Tamrin mengungkap, dari program pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian, Wakatobi mendapatkan program pengembangan bawang merah sebanyak 15 hektar.

“Sekitar bulan 5 – 6 ini, kita sudah kirim datanya semua, kelompok taninya, dan lahannya,” katanya. (C)

Terkini