oleh

Tingkatkan Layanan, Disdikbud Bombana Bakal Kembangkan Aplikasi Pendidikan

Reporter : Hasrun
Editor : Kang Upi

RUMBIA – Dinas Pendidikan dan Kabudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bombana terus berinovasi guna meningkatkan layanan masyarakat. Salah satunya yakni dengan mengembangkan aplikasi pendidikan.

Aplikasi yang rencananya diresmikan pada HUT Bombana ke -16 pada, Desember 2019 mendatang ini, dikembangkan untuk memudahkan pelayanan dan pendataan, serta infomasi pendidikan untuk publik.

Kepala Disdikbud Bombana Abdul Rauf Abidin mengatakan, pembuatan aplikasi tersebut merupakan arahan Bupati Bombana, H. Tafdil saat rapat OPD bersama beberapa waktu lalu.

“Saat rapat itu para pimpinan OPD diinstruksikan untuk membuat minimal satu aplikasi guna menunjang kinerja pemerintahan di tiap bidang,” kata Abdul Rauf, Rabu (28/8/2019).

Untuk di Disdikbud, kata Abdul Rauf, aplikasi yang akan dikembangkannya itu akan memuat setiap kegiatan yang dilakukan di lingkup Disdikbud, khususnya di sekolah serta memuat data jumlah guru dan siswa.

“Kalau bukan aplikasi android, kita rencana buat website. Didalamnya termuat semua kegiatan Disdikbud, jumlah siswa, pengajar dan sekolah. Rencananya didalam aplikasi kita juga akan siapkan kolom pendaftaran beasiswa gembira cerdas,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, sebelumnya Disdikbud sudah memiliki aplkasi bernama Dapodik, namun aplikasi tersebut hanya bisa diakses oleh sekolah dan tidak bisa diakses masyarakat luas.

“Kita ada aplikasi Dapodik, tapi aplikasi itu hanya sekolah yang bisa akses, karna memiki akun,” ujarnya.

Baca Juga:

Menurutnya, saat ini pihaknya masih penjajakan bentuk serta nama aplikasi tersebut. Ia berharap jika aplikasi ini selesai dibuat bisa memberikan informasi terkait Disdikbud kepada masyarakat Bombana.

“Jadi semua masyarakat bisa melihat, apa yang ada di Dinas Pendidikan, kalau bisa ruang saran juga disiapkan diaplikasi itu untuk pelayanan yang lebih baik,” pungkasnya. /A

Terkini