oleh

Tingkatkan Prestasi dan Pencarian Atlet Penembak Baru

-OLAHRAGA-389 dibaca

KENDARI – Lomba menembak Danlanal Cup 2020 diharapkan dapat meningkatkan prestasi dan menjadi ajang untuk mencari atlet penembak baru pada bidang olahraga menembak. Demikian disampaikan Komandan Pangkalan Angkatan Laut Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia dihadapan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Sulawesi Tenggara dan sejumlah peserta lomba dari berbagai daerah di Sultra.

“Event ini untuk meningkatkan prestasi dan mendapatkan bibit-bibit penembak baru yang diharapkan dapat menambah nama harum daerah Sulawesi Tenggara baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Andike, Sabtu (12/12/2020).

Lulusan Akademi Angkatan Laut 44 ini menyebut kegiatan ini dapat menjalin silaturahmi antara TNI-Polri, Forkopimda, Persatuan Penembak Indonesia dan Insan Pers, sehingga dapat menunjang tugas-tugas dalam upaya menciptakan keutuhan dan stabilitas keamanan serta pertahanan negara khususnya di Sulawesi Tenggara.

Meski dilaksanakan di tengah pendemi Covid-19, peserta lomba wajib mengikuti protokol kesehatan mulai mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Mantan Komandan Detasemen Markas Komanda Armada II ini mengatakan, lomba ini juga diharapkan dapat membangkitkan olahraga menembak bagi penembak dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara. “Dengan adanya lomba ini semakin mempererat persaudaraan dan kebersamaan antar penembak,” katanya.

Ada berbagai kategori dalam perlombaan yakni tembak pistol duel plate exhibition Forkopimda jarak 20 meter, tembak pistol executive perorangan jarak 20 meter dan tembak pistol duel plate perorangan jarak 20 meter. Selain itu, kategori lain yang ikut dilombakan yakni lomba menembak dengan menggunakan senapan TNI-Polri beregu yang terdiri dari lima orang, 100 meter tiga sikap, dan menembak dengan menggunakan Cal 5,56 Organik Satuan.

Kodim 1417/Kendari Raih Juara Satu

Lomba menembak Danlanal Cup Kendari 2020 yang diselenggarakan di Lapangan Tembak Serka KKO Lambay, Kelurahan Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan pada Sabtu, (12/12/2020) diikuti berbagai penembak dari TNI-Polri, Umum dan Insan Pers, termasuk prajurit Komanda Distrik Militer 1417/Kendari. Dalam lomba ini Kodim 1417/Kendari berhasil menyabet juara satu beregu. Mereka adalah Serka Irfan Karamasa, Serda Arjuna, Serda laswandar, Serda Muh.Yusuf dan Serda Try Sutrisno.

Selain itu, salah seorang prajurit Kodim 1417/Kendari, Serda Lasawandar juga berhasil menjadi juara pertama dalam kategori menembak senapan perorangan dengan nilai 221. Bintara Pembina Desa Komando Rayon Militer 1417-07/Unaaha, Serda Try Sutrisno mengatakan hasil menembak prajurit Kodim 1417/Kendari dalam rangkan kejuaraan HUT Armada merupakan hasil murni. “Seorang prajurit harus mahir menggunakan senjata karena senjata adalah alutsista utama bagi kami,” katanya.

Komandan Kodim 1417/Kendari Kolonel Kav Agus Waluyo menyebut juara pertama lomba menembak beregu dan perorangan yang diraih Kodim 1417/Kendari merupakan salah satu bukti bahwa para Babinsa masih mempunyai bakat dalam menembak. “Menembak merupakan kualifikasi dasar yang harus dimiliki seorang prajurit,” ungkap Agus.

Sementara itu, Juara dua dalam lomba Danlanal Cup Kendari 2020 diraih Yonif 725/Woroagi dan juara tiga diraih oleh Brigadir Mobil Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara. (taya)

Terkini