oleh

Tingkatkan Prestasi Pelajar, Dimudora Kendari Jalankan PPLP

Reporter : Haris Anda Dinata
Editor : Ardilan

KENDARI – Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mempunyai program kegiatan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) untuk meningkatkan prestasi pelajar dibidang olahraga.

Kepala Dikmudora Kendari, Ashar menuturkan pihaknya punya kategori tersendiri bagi pelajar yang masuk dalam PPLP.

“Salah satu syarat masuk PPLP bidang olahraga ada penilaian penting yaitu mengenai fisik meliputi tinggi badan, panjang tungkai, berat badan serta sehat hasmani dan rohani,” ucap Ashar saat menghadiri program Bincang Kita Mek.TV, Rabu 18 November 2020.

Ia menyebut, ada tiga cabang olahraga dalam PPLP yaitu dayung, silat dan sepak takraw. PPLP merupakan kegiatan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dimana sumber anggarannya berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) Pemerintah Pusat yang diterapkan di masing-masing Dinas terkait di daerah Kabupaten/Kota.

“Untuk pelajar pulang dari sekolah, makan istrahat langsung latihan. Kegiatan telah ada di kurikulum secara umum. Ada program khusus yang telah di buatkan oleh pelatihnya. Begitu pun dalam penerimaan pelatih di PPLP ini mempunyai kriteria. Harus punya lisensi minimal standar nasional dan mempunyai setifikat,” jelasnya. (3).

Terkini