FEATUREDKONAWE UTARA

Tingkatkan Produktivitas Budidaya Ikan Kerapu, DKP Konsel Gelar Pelatihan

323
×

Tingkatkan Produktivitas Budidaya Ikan Kerapu, DKP Konsel Gelar Pelatihan

Sebarkan artikel ini

KOLONO – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan budidaya air laut dan program pengembangan perikananan budidaya ikan Kerapu.

Pelatihan yang di ikuti oleh 70 nelayan dan kelompok nelayan itu bertempat di balai Desa Rumbarumba Kecamatan Kolono Timur, pada Kamis (9/8/2018).

Pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Irwan Silondae Sp.M.si. Kepada Mediakendari.com dia mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) nelayan dalam melakukan budidaya air laut, agar para nelayan dapat lebih memahami dan mengetahui dalam pengembangan perikanan budidaya.

“Mengingat Konsel ini tergolong banyak memiliki potensi di bidang perikanan dan kelautan menjadi unit produksi yang berorientasi pada perluasan pasar. Namun lebih kepada agar para peserta pelatihan memiliki keterampilan sebagai bekal SDM dalam budidaya ikan Karapu,” jelasnya.

Lanjutnya, di Kecamatan Kolono dan Kolono Timur ini sudah di petakan menjadi salah satu Kawasan Prioritas Pembangunan Nasional (KPPN) dan perikanan nasional.

“Untuk wilayah empat di Sultra, Salah satunya Konsel khususnya Kolono dan Kolono Timur telah menjadi percontohan dalam budiya ikan karapu sebagai KPPN,”ujar Irwan.

Irwan menambahkan, itu semua sesuai program pemda sebagai kawasan pedesaan terpadu dengan membangun seribu karamba,dalam pengembangan budiya berbagai aneka spesies ikan, khusnya ikan Karapu

Dia berharap dengan di adakannya pelatihan itu, nelayan di Konsel khususnya Kolono dan kKolono Timur dapat menjadi penyuplai ikan Kerapu terbesar.

“Nantinya dan dapat memperbaharui system pengelolaan air laut melalui program pengembangan budidaya ini,” tandasnya.(b)


Reporter: Erlin

You cannot copy content of this page