NEWS

Tingkatkan Produktivitas Wartawan, PWI Sultra Gandeng BLK

211
×

Tingkatkan Produktivitas Wartawan, PWI Sultra Gandeng BLK

Sebarkan artikel ini
Ketgam : Kepala BLK Kendari (Tengah) bersama Ketua PWI Sultra, Sarjon (Ujung sebelah kanan) dan pengurus PWI Sultra.

 

Reporter : Hendrik

KENDARI – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tengggara terus berinovasi untuk meningkatkan produktivitas wartawan. Salah satunya dilakukan dengan mengandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari.

Ketua PWI Sultra, Sarjono mengatakan bahwa pihaknya akan bersinergi dengan BLK dalam bidang desain grafik dan komputerisasi. “Jadi pilihan bidang tersebut untuk pekerja lingkungan industri pers yang relevan dengan pekerjaan sehari-harinya yakni desain grafis dan komputerisasi,” ucap Sarjono.

Menurutnya, PWI menyadari pentingnya peningkatan sumber daya kewartawanan untuk merespon kebutuhan informasi publik. Sebab, tantangan profesi kewartawanan di era disrupsi digital membutuhkan inovasi.

“Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari adalah institusi yang mumpuni menciptakan sumber daya manusia handal, sehingga PWI membangun kemitraan dengan BLK Kendari,” kata Sarjono.

Untuk peserta, lanjutnya, akan direkrut dari pekerja pers anggota PWI atas seizin pimpinan media masing-masing. “Tapi jika bersedia ikut yaitu anggota pers sementara waktu dibebaskan dari tugas sehari-hari hingga proses pelatihan usai,” tambahnya.

Wartawan LKBN Antara ini juga menuturkan, dengan pelatihan ini melalui bimbingan para instruktur handal BLK, dapat mendorong etos kerja pers dalam meningkatkan produktivitasnya.

“Bersyukur atas respon baik Kepala BLK yang bersedia bekerjasama dengan PWI dalam upaya meningkatkan produktifitas wartawan. Bahkan dalam proses itu, kita tidak dikenakan biaya dan justru ditanggung,” ungkap Sarjono.

Sementara itu, Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu merespon baik tawaran PWI. Kata dia, pihaknya mendukung penuh keinginan PWI Sultra menjalin kemitraan dengan BLK Kendari.

Adapun durasi pelatihannya, setiap wartawan akan bersiap mengikuti paket pelatihan selama lima hari dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang.

“Ini adalah bukti bahwa BLK Kendari sangat peduli dengan kompetensi masyarakat termaksud wartawan yang memiliki peran penting dalam pembangunan daerah, bangsa dan negara,” terangnya.

Untuk itu menindaklanjuti rencana tersebut, mantan Kabag Rumah Tangga Kemenaker RI ini, pihaknya meminta agar PWI Sultra segera melakukan pengajuan proposal kerja.

“Kalau itu sudah dilakukan, maka kita tinggal mencari waktu yang tepat untuk pelaksanaannya,” tandas orang nomor satu di BLK Kendari. /B

You cannot copy content of this page