FEATUREDPERISTIWA

Titik Gempabumi di Moramo Terasa Hingga Kota Kendari

473
×

Titik Gempabumi di Moramo Terasa Hingga Kota Kendari

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Gempabumi tektonik mengguncang wilayah Tenggara Kendari tempatnya di Moramo  Sultra  pada Minggu malam 15 April 2018.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rosa Amelia,S.Si mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa berkekuatan M=3,6 terjadi pada pukul 18.00.05 wita dengan episenter 4,09 LS – 122,73 BT sekitar 19 KM Tenggara Kendari – Sulawesi Tenggara dengan kedalaman 22 km.

“Peta tingkat goncangan (Shakemap) BMKG menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan keras dirasakan di Kota Kendari dalam skala intensitas II SIG-BMKG  (III-IV MMI). Di daerah ini goncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh banyak orang,” uangkapnya melalui pesan WhatsApp, Minggu (15/4/2018).

BACA JUGA: Masuki Musim Peralihan, Ini Himbauan BMKG Kendari

Lanjutnya ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar naik Sangi-sangi di bagian Tenggara Moramo-Kendari .

“Hasil koordinasi dengan pihak terkait hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” katanya

Ia menambahkan, terkait dengan peristiwa gempabumi di wilayah Kendari ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 18.30 WITA, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

“Jadi masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa,” tutupnya.


Reporter: Ruslan
Editor: Kardin

You cannot copy content of this page